Selasa, 30 Agustus 2016

Review Baby Shop

Ada mitos kalau belum tujuh bulan, belum boleh belanja apa-apa buat dedek bayi. Nah, mitos itu lah yang sangat dipercaya oleh kedua ibu kami hihi. Ya maklum lah yaa orang tua jaman dulu juga pasti dipeseninnya hal yang sama. Akhirnya gw dan Fiqi pun nahan-nahan untuk ga belanja dulu sampai usia kandungan gw menginjak tujuh bulan. Tapi beberapa temen ada yg bilang, ga ada salahnya survey-survey dulu biar udah tahu mau beli apa aja sekaligus bikin list nya. Akhirnya tiap hari kerjaan gw di kantor hanyalah blog walking sambil bandingin harga dari satu online shop ke online shop lain. Perlu diingat, daftar belanjaan satu ibu pasti berbeda sama ibu lainnya. Jadi ga ada salahnya kumpulin daftar belanjaan dari berbagai versi ibu sebanyak mungkin, baru deh nanti kita bikin versi kita sendiri. 

Setelah periksa kandungan dan dokter udah resmi bilang, "Udah masuk tujuh bulan ya bu..", langsung deh gw dan Fiqi sumringah dan mulai bergerilya ke baby shop terdekat. Kalau dari blog walking sih yah, kayaknya baby shop sejuta umat itu pastilah Fany Baby Shop yang ada di ITC Kuningan. Selain dianggap sebagai baby shop segala ada, harganya juga bersaing banget cyiiin. Tapi berhubung letaknya yang jauh banget dari Tangerang, dan pak suami manalah mau nyari yg murah tapi mesti capek-capek ke sana, nanti yang ada kenapa-kenapa lagi (ditambah ibu hamil yang dateng belanja ke Fany katanya ganas-ganas) akhirnya opsi ke Fany Baby Shop ditiadakan haha (ibu hamil sediiih).Selain itu ada baby shop Mae Bebe, yang dianggap sebagai ultimate baby shop nya ibu ibu di Bintaro, simply karena harganya murah banget cyiiiin. Tapi karena tokonya kecil banget, parkirnya super susah sampe bikin macet jalan raya, dan ibu-ibu hamil ganas ngelihat barang murah ditambah toko yang sempit bukanlah perpaduan yang bagus buat ibu hamil lainnya seperti saya, pak suami pun dengan tegas menolak proposal ke Mae Bebe Bintaro :")


Berikut ini daftar baby shop yang sempat  kami kunjungi beserta review dan daftar barang-barang yang kami beli ;

1. Bian's Baby Store ITC BSD
 ITC BSD Lantai Dasar Blok E1 No.8-12 BSD CITY Serpong, Tangerang Selatan, Banten 15322

Awalnya, umi nya Fiqi yang pertama kali belanja di sini karena deket banget dari rumah. Bian's ini ada banyak cabangnya, salah satunya di lantai dasar ITC BSD. Bian's termasuk baby shop yang paling besar di ITC BSD. Ada toko khusus untuk perlengkapan bayi, ada juga toko khusus yang ngejual stroller dan car seat. Di sini, uminya Fiqi pertama kali beli peralatan basic kayak popok kain, bedong, perlak, atasan dan bawahan newborn, topi bayi, sampai ke sarung tangan dan kaki bayi. Kebanyakkan yang dijual merk Libby, pokoknya jadi merk favorit deh Libby ini. Selain bahannya yang halus, motifnya juga ga rame, harganya juga affordable banget. 

Setelah itu, kami sempat dateng ke sini lagi karena uminya Fiqi mau beliin stroller buat cucu pertamanya (hehe Alhamdulillah ya dek dapet rejeki). Nah pak suami cuma mau warna item polos untuk baby gear anak bayinya nanti, untunglah di Bian's ini kita nemu stroller Coco Latte Flame R CL 536 yang warnanya full hitam. Ternyata, pembelian stroller ini satu set sama car seat nya yang warnanya juga full hitam. Sebenernya awalnya kami cuma mau beli strollernya aja, karena car seat yang jadi satu set ini adalah infant car seat, bukan convertible car seat, jadi sayang aja kalo ga dipake lama. Dan lagi kami juga dapet pinjaman infant car seat lungsuran dari Aqila. Tapi karena ga ada stroller lain yang warnanya hitam dan uminya Fiqi dan pak suami udah cocok sama yang itu, akhirnya jadi deh beli stroller plus car seat nya hehe Alhamdulillah.

Setelah nego harga dikit buat stroller dan car seat nya sama enci nya yang punya Bian's, gw juga sekalian belanja (hampir) kloter terakhir nambahin keperluan lain yang masih belum lengkap kayak popok kain, popok disposable (disaranin Nepia sama enci-nya, lets see lah cocok apa ga buat dedek bayinya), bra menyusui beberapa pcs lagi, breastpad pigeon 1 box lagi, maternity pad merk Monalisa, BKA 1 box, kantong asi Natur 2 box, dan sabun cuci botol bayi merk Sleek. 

Ternyata belanja yang dikira hampir terakhir ini masih belum selesai sodara-sodara. Gw ke Bian's cabang ITC BSD lagi untuk kedua kalinya buat beli botol Avent Manual 0m+ 1 biji, dan botol Dr Brown's yg satu pack isi 3 masing-masing 120ml. Pembelian botol-botol ini sih atas saran kakak ipar yang so far cocok dengan dua merk itu. Semoga nanti dedek bayinya juga cocok yaa minum ASIP pake botol-botol tersebut Amiiin. Overall sih Bian's ini lumayan lengkap, sempet sih pas mau beli bak mandi Puku dia cuma punya stok warna pink. Ditawarin bak mandi warna biru tapi bukan Puku, akhirnya ga jadi deh dan berencana cari di toko lain. Untuk harga juga standar lah, ada yang lebih mahal, ada yang lebih murah. Tapi yang pasti untuk pembelian botol Avent dan Dr Browns jauh lebih murah daripada ngecek di online shop hehe. 

2. Bebelove Bintaro Sektor 9
JL Maleo Raya JA 2 No 10 (Depan McD sektor 9)
Bintaro Jaya Tangerang Selatan Banten Tlp 021-7450-965

Ke Bebelove Bintaro ini atas saran kakak ipar, karena kayaknya tokonya lebih besar dibanding Bebe Love cabang lain. Selain itu sih karena kesini sama nyokap dan keponakan, jadi sambil gw dan pak suami milih-milih, nyokap sama keponakan bisa nungguin di area playgroundnya. Kami kesini pas bulan puasa, dan di toko ini lah pertama kalinya kami belanja kebutuhan bayi. Jadi walopun udah bermodalkan catatan panjang banget, tetep aja clueless pas nyampe sini hahaha. Di sini gw beli bedong merk Carter's, perlak kecil, burp cloth, selimut topi bulu-bulu, handuk Baby Bee topi, celana pendek ukuran S, celana panjang 0-3m, sarung tangan dan kaki, bra menyusui, deterjen pakaian bayi merk Sleek, kasa alkafil, kapas bulat, sama gunting kuku bayi. 

Sayang disayang, karena weekend sebelumnya Bebe Love ini abis ada diskon khusus baby gear, jadi banyak banget peralatan bayi lainnya yang abis juga. Salah satunya ga nemu kaus singlet newborn Libby, akhirnya beli kaus singlet yang agak gedean merknya Bebe Love, yang menurut gw bahannya agak panas sih. Terus ga nemu handuk jepang Cotton Tree, akhirnya ya beli handuk yang ada topinya itu walopun kayaknya ga guna ya haha. Karena belanja pertama ke sini dan banyak barang di list yang ga ada, ga masalah sih bisa cari di toko atau cabang lain, tapi ya jadinya susah kalo mau one stop shopping di satu toko aja. Untuk harga, di Bebe Love menerapkan sistem semakin banyak barang sejenis yang kita beli, harganya akan semakin murah. This is the plus point! Cocok nih kalo mau belanja baju-baju bayi langsung banyak di sini. 

3.  Bian's Baby Store Alam Sutera
Ruko De Mansion Blok A20 - 21 Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Setelah sebelumnya belanja pertama kali di Bebelove Bintaro, untuk belanja kedua kalinya gw dan Fiqi mampir ke Bian's cabang Alam Sutera. Letaknya di ruko gitu, lumayan gede. Di sini beli bedong Libby. handuk Cotton Tree warna biru, washlap Libby, popok kain Libby, singlet Libby setengah lusin, sleepsuit premium Libby Baby, bra menyusui, breastpad Pigeon kotak kecil, nipple cream Pigeon, gurita tempel New Life, deterjen baju Sleek, sisir dan sikat rambut, sama termometer.

Kekurangannya belanja di sini sih kita tuh ga bisa beli baju ukuran newborn satuan, paling sedikit harus beli setengah lusin. Agak ribet sih kalo misalnya kita udah beli lumayan banyak sebelumnya di toko lain, jadi mesti beli dengan jumlah banyak lagi deh di sini. Terus ga kayak Bebelove, di sini walopun beli banyak untuk barang sejenis, tetep aja harganya ga berubah. Tapi overall oke kok sama kayak Bian's di ITC BSD yang udah gw review sebelumnya.

4. Bebelove Gading Serpong
JL. Kelapa Gading Barat AG 15 no.2 Gading Serpong Tangerang 

Belanja di sini niatnya bener-bener ngelengkapin yang belum ada, tapi ya tetep aja belom lengkap-lengkap juga haha. Bebelove cabang Gading Serpong ini kalo liat sekilas dari jalan kayaknya kok kecil, tapi ternyata lumayan luas. Di sini nambahin burping cloth lagi 1 set, baju lengan panjang Libby newborn (yang waktu di Bian's ga bisa beli satuan, di sini bisa jadi nambahin 3 saja), slaber Libby, nasal aspiratornya Pigeon, terus sama nambahin kaus singlet Libby setengah lusin lagi. Senengnya belanja di Bebelove itu, di bagian depannya ada sofa panjang nan empuk, jadi yang nganterin bisa nunggu di situ, termasuk bumil yang kelar milih-milih terus nungguin pak suami bayar hehehe.

5. Wiwi & Zaza ITC BSD
ITC BSD Lt.Dasar Blok D7 No.3A&5,Tangerang

Nemu toko ini ga sengaja waktu ke ITC BSD sama uminya Fiqi buat beli stroller. Karena gagal nemu bak mandi Puku yang warna biru di Bian's, akhirnya disuruh melipir ke toko ini karena uminya Fiqi pernah liat ada toko bayi lumayan lengkap juga. Eh langsung dapet deh bak mandi Puku warna biru, terus ternyata harganya lebih murah 30ribu dari Bian's hahaha lumayaaan. 

Dua minggu kemudian ke sini lagi karena niatnya mau beli rak botol Puku, walopun ujung-ujungnya rak botolnya ga kepake karena besoknya kakak dan kakak ipar ngasih Panasonic Dsterile, sterilizer sekalian jadi rak pengering juga hehe, Alhamdulillaaah. Sempet mau beli alas stroller di sini tapi pilihannya ga banyak terus ga jadi deh.

6. Carrefour Supermal Karawaci

Dari awal udah niat kalo mau beli toilettries buat dedek bayi, mending belinya di Carrefour sekalian aja deh. Soalnya pernah pas ke baby shop, terus pas bilang mbak-mbaknya kalo mau beli toilettries Switzal, eh langsung diarahkan ke merk lain yang lagi dipromosiin mbaknya. Beberapa baby shop juga ga ngejual merk toilettries yang kira-kira bakal jadi saingan merk lain. Jadi untuk pelajaran aja sih, kalo mau nyari satu merk toilettries tertentu, jangan nanya ke mbak-mbak berpakaian merk saingan toilettries itu ya haha.

Sebagian besar toilettries yang gw beli buat dedek bayi merk nya Switzal, tapi terus beli merk lain kayak Johnson's, Cussons, atau Pigeon juga kalo wanginya ga cocok. Di Carrefour juga sekalian nambahin satu box besar breastpad Pigeon dan dua set tissue basah Mitu yang lagi promo hehe. Section baby di Carrefour bisa dibilang cukup lengkap, walopun untuk newborn nya sih cuma dikit lebih banyak ke peralatan makan bayinya.


7. Baby & Wish Supermal Karawaci

Sebelum hamil, gw cukup sering ngedatengin baby shop ini karena nyokap seriiing banget beli baju-bajuan atau mainan buat keponakan gw, Aqila. Waktu itu sempet sekilas liat harga baju velvet junior nya kok lumayan mahal ya dibanding di baby shop lain kayak Bebelove atau Bian's. Harga barang lain kayak breastpump atau alas strollernya juga lumayan beda jauh dari toko lain atau online shop. Jadi lah gw bilang ke nyokap, pokoknya jangan beli peralatan bayi di sini deh mahaaal.

Eh terus waktu itu iseng masuk ke toko ini terus malah nemuin washbasin nya Puku yang ga ketemu dimana-mana, bahkan di online shop pun out of stock. Terus akhirnya juga beli kaus kaki newborn yg lucu-lucu dan harganya ga nyampe 20ribu, maklum susaaaah banget nyari kaus kaki buat anak cowo yang ga keramean entah di baby shop lain atau di online shop (beda banget ya ga kayak barang buat anak cewe yang banyak banget modelnya). Secara keseluruhan emang di sini mahal-mahal, tapi kalo mau teliti juga bisa kok nemu barang yang lebih murah.


Kesimpulannya sih, dari semua baby shop yang udah gw datangi di atas, ga ada yang super mahal atau super murah banget. Setiap baby shop punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalo mau beli peralatan basic baju bayi kayak sarung tangan dan kaki, kaus singlet langsung lusinan banyak, di Bebelove harganya bisa makin murah, tapi sayangnya untuk barang-barang lain gw suka ga nemu di Bebelove, mungkin karena stoknya lagi kosong aja kali ya. Kalo di Bian's lumayan lengkap, tapi beli baju newborn nya ga bisa satuan. Saran gw sih sebelum belanja, bener-bener dicatetin detail banget apa yang mau dibeli, cari tahu harga tiap toko atau di online shop juga (maklum ya namanya ibu-ibu, beda 10ribu aja berarti banget :p). Kalo ada energi lebih, boleh lho didatengin tuh Fany Baby Shop ITC Kuningan atau Mae Bebe Bintaro (hahaha teteuuup), Sekian dulu lah review baby shop yang panjang banget ini, moga semua barang yang dibeli kepake sama dedek bayinya nanti :")




2 komentar: