Senin, 29 Agustus 2016

USG 4D di Klinik Sehati

Jadi bulan puasa kemarin (tepatnya tanggal 20 Juni) gw dan Fiqi sempet meriksain kandungan gw secara USG 4D. Sebenernya sih pemeriksaan kandungan secara 4D ini ga wajib-wajib banget, ga semua ibu hamil berkewajiban untuk ngelakuin itu. Selain biaya nya yang cukup mahal, ada anggapan kalo itu cuma gaya-gayaannya ibu hamil buat ngeliat "lebih dulu" kira-kira dedek bayi nya mirip siapa yaah? Hihi. Selain itu, selama dokter kandungannya ga nemuin masalah apa-apa di dalam kandungan kita, ya itu tandanya kehamilannya sehat-sehat aja dan ga ada yang perlu dicek lebih mendalam.

Tapiii, berhubung gw orangnya parno-an banget takut ada apa-apa, dan dokter kandungan gw cukup "cuek" alias iriiit banget ngomongnya (tipe dokter yang kalo ga ada masalah ga bakal ngomong apa-apa sih), ditambah gw ngerasa tiap di USG 2D di dokter kandungan ini kok ga begitu jelas ya ngelihat dedek bayinya, akhirnya gw mulai cari info dimana bisa periksa kandungan secara 4D. Sebenernya bisa sih kita minta USG 4D di rumah sakit mana aja, tapi biaya nya lumayan mahal, malah ada yang menyentuh angka sejuta. Terus pas lagi googling gitu, gw nemu Klinik Sehati yang letaknya di Gading Serpong, ga begitu jauh dari rumah gw. Baca review dari orang orang sih bagus, dan harganya juga terjangkau. Ditambah lagi beberapa temen-temen yang udah jadi ibu muda juga pernah periksa kandungan USG 4D di situ. 

Akhirnya gw pun coba daftar ke Klinik Sehati by phone, ternyata kita bisa langsung dateng tanpa appointment kalo mau sama dokter siapa aja. Yang terkenal di klinik ini namanya Dr.Ong, dokter kandungan yang juga praktek di RS Bethsaida sekaligus pemilik Klinik Sehati ini. Jadi saking terkenalnya Dr Ong ini, kalo mau konsultasi sama beliau di RS Bethsaida, kita harus booking sebulan sebelumnya lho hahaha ampun deh. Dan ternyata kalo mau diperiksa USG 4D sama Dr.Ong juga udah full kata suster di klinik itu, baru ada lagi sekitar sebulan kemudian (which is tanggal 20-an Juli). Mengingat usia kandungan gw yang udah 30an minggu kalo keukeuh nunggu Dr.Ong, malah ditakutkan nanti ga terlalu jelas USG 4D nya, akhirnya gw milih buat sama dokter siapa aja. Untungnya ada dokter perempuan yang praktek, namanya Dr. Celerina (yang katanya sih masih adik iparnya Dr.Ong). Akhirnya gw pun memilih Dr. Celerina dengan faktor kenyamanan kalo diperiksa sama dokter perempuan hehe.

Oh ya, USG 4D bisa mulai dilakukan dari usia kandungan 26 weeks-30an weeks. Sebenernya kata susternya sih bisa juga dilakukan di usia kandungan awal-awal, dengan tujuan bisa mendeteksi masalah di kandungan lebih awal lagi. Kemarin pas gw periksa 4D sih pas usia kandungan 26 weeks, dengan tujuan pengen banget ngeliat kondisi dedek bayi di dalam perut secara keseluruhan, selain itu yaa seperti bumil lainnya pengen liat muka dedek bayinya hihi. 

Pagi itu, gw sama Fiqi sengaja cuti, karena Klinik Sehati ini ga buka praktek pas weekend. Eh terus nyokap gw juga pengen ikut, padahal selama ini kontrol bulanan ke dokter kandungan ga pernah ikut hihi. Pengen tahu kali yaa USG 4D itu kayak gimana. Kami dateng kepagian, janjiannya jam 9, tapi dari setengah 9 udah dateng haha. Pas dateng langsung daftar ulang, timbang berat badan dan tensi darah. Kliniknya rapi, bersih, ber-AC, tempat nunggunya juga nyaman. Sekitar jam 9 lewat, Dr.Celerina nya dateng dan gw langsung masuk ke ruangan prakteknya.

Di situ gw langsung tiduran di kursi panjang empuk, untuk keluarga yang mau liat proses USG nya juga disediain kursi buat duduk. Pertama, yang diperiksa kayak kelengkapan organ-organ vital tubuh bayinya; kayak jantung, otak, ginjal, anus. Pokoknya pemeriksaannya mendetail banget deh. Abis itu baru deh dokternya pengen ngeliat muka dedek bayinya, tapiii ternyata oh ternyata anakku ini pemalu abis karena posisinya saat itu lagi telungkup sambil nutupin muka pake tangannya haha. Udah dicoba miring ke kiri dan kanan, eh dedek bayi nya keukeuh tetep telungkup. Padahal kan pemeriksaan muka ini penting untuk ngelihat kelengkapan organ di bagian muka, selain itu juga sekalian ngitung kelengkapan jari tangan dan kakinya. Terus Dr. Celerina nyaranin gw untuk jalan-jalan santai dulu di ruang tunggu di luar, sambil sugestiin dedek bayinya buat mau rubah posisi biar kelihatan haha. Untungnya sih belum ada pasien lagi setelah gw, jadinya gw pun jalan-jalan santai sekitar 10 menit di ruang tunggu.

10 menit kemudian, sambil berharap dedek bayinya nongolin mukanya, dan ternyata sodara-sodara, tetep dong anakku ini telungkup haha. Tapii, yang bikin tenang sih Dr. Celerina ini baik banget, beliau tahu kali ya, kan sayang ibunya udah dateng buat periksa USG 4D kalo ga meriksa secara menyeluruh. Dengan sabarnya beliau nyuruh gw untuk sarapan dulu, beliau mau kok nungguin. Terus karena bulan puasa, gw emang belum sarapan walopun ga puasa juga. Akhirnya nyokap nyari tukang bubur di sekitar situ, dan gw pun makan bubur dulu haha. Abis makan, gw sempet pipis dulu sambil berdoa terus dedeknya mau rubah posisinya.

Daaan Alhamdulillah setelah sarapan itu, gw merasa dedeknya agak bergerak di perut, terus ternyata dedeknya udah ga telungkup lagi hehehe. Akhirnya Dr. Celerina bisa ngecek semua organ anatomi di wajah, terus hitung semua jari tangan dan kaki yang Alhamdulillah lengkap dan ga ada masalah. Jadiii dedeknya laper nih? Hahahaa. Ada beberapa catatan sih dari bu dokter; kayak letak ari-ari si dedek yang ada di bawah rahim / letak ari-ari rendah, jadi sama bu dokter dipesenin jangan capek-capek buat mama nya. Terus air ketubannya juga termasuk kurang nih, jadi harus nambah sering minum air putih. Yang terakhir sih pas dicek berat badannya, si dedek termasuk yang "besar" untuk usia kandungannya haha. Jadi kata bu dokter, mamanya harus kontrol asupan makanannya juga, apalagi nanti di atas 30 minggu naik berat badannya akan jauh lebih cepet lagi. Trus pas mau diambil fotonya, dedeknya gerak-gerak melulu, jadi fotonya juga keseringan blur dan goyang-goyang haha.

Beberapa foto yang diambil ngeblur karena dedeknya ga mau diem hehe :")



Ini foto yang paling bagus yang akhirnya kami pilih untuk di print :)
Abis selesai semua pemeriksaan, kami ucapin terima kasih sebesar-besarnya ke Dr. Celerina yang udah sabar mau nungguin dedeknya nongolin mukanya deh haha. Pokoknya saking baiknya beliau, ngomongnya juga enak banget, bahkan pake bercanda-bercanda gitu segala, gw sampe mau pindah dokter kandungan ke beliau haha. Sayang seribu sayang, beliau bukan dokter kandungan, tapi dokter umum yang ngambil spesialis sonologi (bisa membaca hasil USG gitu deh kayaknya) :( Setelah itu kami bayar di kasir, sambil ga lupa minta disave-in hasil foto USG 4D tadi di flashdisk. Karena kami ga punya flashdisk yang baru dan masih disegel (kalau mau ngesave hasil USG di sini harus pake flashdisk yang baru dan masih disegel dengan alasan menghindari virus yang bisa ngerusak alat USG nya), gw sama Fiqi akhirnya beli flashdisk di kasir seharga 50rb.

Kalau ditanya puas apa ga? Puaaaas banget, kliniknya oke, nyaman, dokternya baik banget, bikin kita ngerasa tenang, total harganya pun ga terlalu mahal; biaya konsultasi dokter + USG 4D + flashdisk semuanya hanya 450ribu. Terus kami juga dapet print out 1x foto USG 4D nya, dan itu bisa kita pilih mau yang mana aja. Pokoknya recommended banget deh Klinik Sehati ini, bikin pengen periksa USG 4D terus hihihi. 


Klinik Sehati - Dr Ong Tjandra
Ruko Voronez, Jl. Raya Kelapa Puan Blok CA 24 No.16-17 
Gading Serpong, Kab. Tangerang, Banten 15810
Telp : (021) 29171379




2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Thanks for share ya bun... saya lagi cari banyak info klinik sehati, berharap di sana ada program fertilitas yang bagus dan murah. Tapi sayangnya masih sedikit artikel tentang klinik sehati

    BalasHapus