Minggu, 05 Februari 2017

Cerita Kelahiran Narendra ke dunia

Tepuk tangan semuanyaa, Narendra udah empat bulan tapi cerita kelahirannya baru ditulis sama emaknya hihi. Harap dimaklumi yaaa, kan ibu baru tanpa babysitter, rasanya banyak banget yang harus dilakukan apalagi setelah proses melahirkan itu. Pokoknya bener bener A whole new world banget deh jadi ibu itu. 

Cerita kelahiran Narendra diawali dengan mama nya yang galau bin stres karena udah mau 40 minggu tapi belum juga ada tanda tanda mules. Padahal eke udah sengaja cuti kantor dari 38 minggu, bisa dibayangkan makin galau aja di rumah ga ada kegiatan. Ada sih kegiatan, kayak jalan pagi keliling komplek sama suami (ini setelah disuruh2 sama nyokap, biar banyak gerak gitu lho), terus praktekkin gerakan jongkok-berdiri sambil jinjit dari senam hamil, sampe posisi ngepel maju mundur pun udah dilakuin. Dibilang stres ya lumayan, pikiran udah macem-macem, kerjanya kalo ga nonton drama korea ya googling pengalaman melahirkan orang orang (mind you, ini sangat tidak disarankan haha cuma nambah stres aja).

H+1 Due Date (24 September 2016)
Akhirnya datang lah due date yg ditunggu-tunggu. Tapi karena pas due date nya hari Jumat, dan jadwal kontrol nya baru hari Sabtu nya, jadi makin deg degan dong lewat due date kok ga mules mules juga iniiii hahaha. Pas ketemu pak dokter, ditanya dong, "belum mules bu?"  sementara gw jawabnya cuma meringis, "iya nih dok belum juga". Pas diperiksa Alhamdulillah nya air ketuban sih masih cukup. Atas pertimbangan itu lah dokter nya masih mau nunggu dan ngejadwalin induksi kalo sampe Jumat depan belum mules juga.
Jadi emang dilihat juga kondisi bayi nya, kalo masih memungkinkan untuk ditunggu lahir normal sih dokternya mau mau aja nunggu. Terus gw dengan polos nanya ke dokternya, "ada tips ga dok biar cepet mules?". Dijawab sama dokternya, "Ga ada yg gimana gimana sih bu, banyakkin jalan aja". Eh suster nya malah bisikkin eke, "sering sering ditengokkin aja bu sama suaminya hihi". Ini gausah dijelasin lah yaa apa artinya hehehe. Anyway karena disuruh dokter sering sering jalan, pulang kontrol langsung nodong pak suami ke mall lagi (padahal udah tiap weekend nodong dengan alasan yg sama hihi)

H+2 Due Date (25 September 2016)
Pagi-pagi pas bangun tidur kaget karena keluar flek darah gitu. Ga berani bilang ortu biar ga heboh. Bilang pak suami kalo masih lanjut flek nya nanti mau periksa ke RS. Pas jam 9-an kok masih keluar flek juga walopun dikit dikit gitu, tp ga mules. Akhirnya ke RS, periksa sama bidan yg piket (karena kebetulan hari minggu dokternya ga praktek). Pas periksa dalam (asli ini sih antara malu dan ga nyaman untung bidan kan cewe), eh kata bu bidan baru pembukaan 1. Huwoooow jadi ini toh yg namanya pembukaan hihi. Terus disuruh pulang dulu aja, biasanya proses sampe bukaannya lengkap dari pembukaan 1 sih lumayan lama. Terus pulangnya ngajak pak suami tawaf ke ikea sama mall lagi hihi, siapa tahu kan nambah nambah pembukaan yaaa. Selama tawaf itu mulai ngerasain kontraksi tapi ga berapa lama ilang lagi.

Pulang dari ikea, sekitar jam 3 sore sempet tidur siang sebentar. Nah tapi ga bisa tidur, kok mulai ngerasa kontraksi ya, gw sendiri berusaha tenang dan nikmatin kontraksi nya karena so far belum yang sakit banget sih. Terus feeling gw mengatakan kyknya bentar lagi nih, akhirnya bangun mau mandi dan keramas. Eh pas di kamar mandi kayak ada cairan lumayan banyak yang ngerembes ga bisa ditahan. Langsung bangunin pak suami dan minta doi beres beres. Sempet galau apa ini cairan ketuban ya? Kalau duduk sih gapapa, tapi pas berdiri atau jalan dikit cairan nya ngerembes lagi. Karena takut kenapa kenapa, akhirnya abis maghrib langsung cus ke rs. Untung aja semua barang keperluan melahirkan udah di koper di dlm mobil dari kapan tahu. Penting banget nih buibu! Mana tahu kan urgent keadaannya kayak gw. Sepanjang jalan ke rs itu cairan nya masih berasa ngerembes, wah tegang deh kami berdua mana ujan gede banget hehe.

Nyampe di rs langsung masuk ruang observasi dan langsung dicek dalam lagi sama obgyn jaga saat itu (kebetulan bukan obgyn gw yang biasa). Ternyata bener ketuban nya udah pecah, tapi pembukaannya masih di 1 aja, sementara kata pak dokter cairan nya udah mulai menipis nih. Saat itu juga gw udah ga boleh turun dari tempat tidur, dan solusi nya pak dokter nyuruh buat induksi malam ini juga. Wadawww langsung panik nelpon orang tua yang kebetulan ada acara di luar hehehe.
Sebelum cairan induksi disuntikkin ke infus, sempet ada beberapa prosedur kayak darah gw diambil dulu, ngisi beberapa form, dan pastinya dipasang infus nya sendiri. Terus bokap nyokap dateng, mertua juga langsung dateng wah semuanya langsung heboh deh. Sebelumnya juga gw makan dulu, nambah tenaga buat ngeden nanti hehehe. Sebenernya sih pada saat itu kontraksi yang datang udah sekitar 5 menit sekali. Rasanya pengen bilang sama dokter, gausah diinduksi deh dok, tapi entah kenapa dokternya keukeuh induksi, mungkin ada pertimbangan lain kali yaa. Dan proses induksi ini kalo ga berhasil sampe besok pagi, gw diharuskan untuk langsung tindakan caesar. Bokap gw sempet ga tega dan nyaranin buat caesar aja langsung karena tahu namanya induksi itu sakit banget, tapi atas saran suster mending dicoba dulu prosedurnya induksi ini, yaudah deh Bismillah yaa.

Tepat jam 10 malem, infus gw disuntikkin cairan induksi. Awalnya masih semangat 45, mana nih kok belum berasa kontraksi nya, karena dalem hati ga mau caesar hihi. Eeeeh ga berapa lama kontraksi nya langsung dateng tanpa jeda aja lhooo. Saat itu kondisinya gw tiduran aja di ruang observasi, nah gantian deh ditemenin kalo ga sama pak suami, sama nyokap, atau sama ibu mertua. Yang awalnya masih bisa nahan kontraksi, lama lama muka udah ga kekontrol, sambil bisik ke suamik, "Mendingan kamu aja deh yg nemenin di sini, takut aku nya ga kekontrol kalo sama umi (ibunya pak suami)". Kan kalo sama suami sendiri mau teriak teriak kesakitan, mau marah marah, nyubit suami kan nyantai yaa, kalo ada ibu mertua rasanya kok malu amaaat haha. Terus kalo pas ditemenin nyokap dan kontraksi nya dateng dan gw ngeluh kesakitan yang ada gw malah dimarahin disuruh baca baca doa hehehe.

30 menit pertama berlalu rasanya makin sakit aja (hehe yaiyalaaah), sok sokan minta susternya buat cek siapa tau bukannya udah nambah, eh ternyata cuma nambah satu cm haha. baru pembukaan 2 cyiiin. Lama lama omongan gw udah ngalor ngidul deh, sempet minta susternya buat suntik epidural, eh suster nya malah melengos haha pasti susternya udah biasa tuh denger permintaan ibu ibu ngablu macam gw yg udah saking kesakitan nya. (suntik epidural itu semacam suntikan bius yang bikin kita ga bisa ngerasain kontraksi, jadi maksudnya biar tahu tahu udah pembukaan lengkap aja dan tinggal ngeden, tapi beberapa dokter/rs ga menyarankan cara ini karena dikhawatirkan si ibu malah nanti merasa kebas dan ga bisa ngeden dengan benar cmiiw). Pokoknya detik detik dari pembukaan ke pembukaan selanjutnya itu adalah longest time of my life hahaa. Setengah jam kemudian kok ya cuma nambah 1 pembukaan lagi haha. Susternya nyaranin buat tarik nafas bu simpen tenaga buat ngeden nanti bu, yaampun itu semua teori di senam hamil ga berguna buat tarik nafas, sakit banget lah pokoknya.

Nyokap dan suami udah bolak balik nemenin, gw udah baca baca doa terus. Tiap kontraksi nya pergi gw pake buat tidur dan ketiduran sebentar. Kira kira jam 12 an kurang, gw mulai merasa sakit perut yang amat dahsyat (maaf, kayak mau buang air besar),  dan keinginan buat ngeden yang amat sangat kuat. Langsung dong gw bilang suster, yang langsung dibalas dengan omelan, "Buuu ga boleh bu, ini pembukaannya belum lengkap, nanti kasian dedeknya kepala nya peyang" (atau apalah itu gw udah saking ga inget nya suster ngomong apa haha). Tapi yaaampun itu susaaaah banget buat ditahan mau ngeden nya huhu.

Ga berapa lama gw disuruh pindah ke ruang bersalin, aduh itu buat bangun dari tempat tidur aja sakit banget, gw pun pindah ke kursi roda dan naik ke tempat tidur di ruang bersalin. Feeling gw, wah bentar lagi nih. Terus sempet ketiduran bentar, dan keinginan mau ngeden dan ga bisa  ditahan itu dateng lagi, kali ini bener bener jauh lebih kuat. Akhirnya manggil suster buat cek bukaan. Dan suster yang awalnya udah mau ngomelin gw eh pas tau udah bukaan 7 langsung panik siap siap dan manggil bidan dan suster suster lainnya. Wah ternyata lumayan cepet yaa dari terakhir masih pembukaan 3 atau 4 gitu gw lupa terus langsung bukaan 7, pantesan sakit banget hehe.

Setelah semuanya siap, semua suster dan bidan dateng, obgyn gw yang biasa juga udah dateng, gw baru boleh latihan ngeden. Kalo ga salah waktu itu sekitar jam 1 pagi, gw pun disuruh ngeden tapi ngeden nya ga boleh putus, jadi harus berkelanjutan biar dedeknya ga stuck di jalan lahir, kan kasian takut nanti kehabisan oksigennya. Setelah sekitar 5 menit ngeden, akhirnya dedeknya keluar juga Alhamdulillah tepat jam 01.10. Wah jangan ditanya deh rasanya kayak apa, legaaaaa banget. Dedeknya langsung ditaruh di dada gw, masih basah dan ada sisa sisa darah dari dalam kandungannya. Sambil suster dan dokter jahit bagian bawah, gw masih merasa surreal waktu meluk anak gw saat itu. Ga ada lagi perasaan sakit yang dirasa, cuma ada perasaan lega. Waktu dedek ditaruh di atas dada gw, kami ga sempet ngelakuin proses imd, dedeknya nendang nendang dan nangis heboh soalnya hehehe. Terus langsung dibawa suster suster untuk diobservasi dan dibersihin. Gapapa ya nak, kamu punya banyaak banget waktu untuk nyusu ke mama nantinya :')

Saat proses IMD :")

Kebetulan di ruang bersalin itu gw ditemenin suami, dan suami langsung ambil wudhu buat segera ngazanin. Masya Allah perasaan yang ga bisa diungkapkan dengan kata-kata. Nyokap dan ibu mertua yang nungguin di luar dan baru selesai shalat tahajud langsung heboh nangis, ga nyangka kirain masih lama dedeknya keluar, eh Alhamdulillah ditinggal shalat tahajud lahir deh. Langsung ngasih tahu bokap dan bapak mertua yang tadi pulang dulu karena ngira paling lahiran nya masih besok pagi hehehe. Terus bokap sama bapak mertua langsung nyesel tahu gitu gausah pulang dulu hehe.

Alhamdulillahirabbilalamin, bayi kami lahir di usia kehamilan 40 minggu 2 hari. Yang awalnya udah mau dijadwalin induksi, bahkan udah mau caesar, eh Alhamdulillah banget induksi secara spontan dan bisa lahiran normal. Bayi kami ini diberi nama Narendra Aryasakti Aulia dengan berat 3,640 gram dan panjang 50cm. Narendra artinya laki-laki yang kuat dari bahasa sansekerta, entah kenapa kami berdua suka sekali nama yang berasal dari bahasa tersebut. Arya sendiri artinya orang yang mulia dan baik (seperti di bangsa Aria), Sakti diharapkan anak kami ini berilmu, dan Aulia adalah nama belakang suamiku yang berarti juga orang orang yang terpilih.

Terima kasih Narendra, terima kasih telah lahir di dunia ini, telah membuat kami menjadi orangtua. Doa kami berdua tumbuh sehat selalu ya nak, tumbuh menjadi anak yang baik dan soleh. Mengutip kata pak suami, giving birth is such a life changing experience. And I don't mind doing it for you, nak. We love you so much 










1 komentar:

  1. Awww nareeennn! Alhamdulillah ya lancar kiii.. semoga naren sm ibunya sehat2 terus yaa.. ������

    BalasHapus