Jumat, 15 Mei 2015

Hongdae, so youthful, so lively


Maaafiiin pendingan postingan Korea Trip ini ya teman teman, mabok dan mual-mual asli bikin males ngapa-ngapain. Cerita tentang itu pasti akan kutulis di postingan lainnya, banyak banget cerita sih soalnyaa. Jadi balik lagi ke cerita kemarin di Korea, gw dan Mirra nginep di guest house namanya Kimchee Guest House Sinchon. Pokoknya gw menyerahkan urusan lokasi penginapan ke Mirra deh, berhubung doi udah pernah nginep di situ juga, dan menurut dia tempatnya recommended. Berbekal pengalaman sebelumnya dan waktu itu ada early summer sale, akhirnya kami memesan kamar dorm perempuan isi 8 orang, yang per harinya cuma kena rate 10000 won (alias kurang lebih 100.000), murah banget kaan!

Lokasi guest house ini, yang walaupun namanya aja cabang Sinchon, tapi sebenernya lebih deket sama kawasan Hongdae. Buat gw yang emang udah familiar sama kpop dan korean drama, Hongdae ini adalah kawasan yang sangat terkenal, penuh sama restoran dan kafe-kafe yang lagi in, dan sering dijadiin meeting pointnya anak muda Seoul karena deket sama Hongik University. Sama seperti Ewha Womans University, maka daerah sekitar universitas ini juga biasa disebut "Hongdae"/ Hongik University Street. 

Add caption



Deretan restoran dan toko di Hongdae menjelang malam hari
Walaupun udah nginep di kawasan ini dari malam ke dua, kami benar-benar nyempetin waktu untuk muterin Hongdae pada malam keempat kami di sana, berhubung beberapa malam sebelumnya itinerary kami lumayan padat dan ditambah sempet ada angin taifun. Malam itu karena itinerary kami ga sepadat hari sebelumnya, kami pun berniat mengexplore Hongdae yang jaraknya hanya berjalan sekitar 10-15 menit dari guest house kami. Waktu itu menjelang malam, sekitar jam 6 sore, kawasan ini sudah lumayan rame dengan anak muda. Ada yang sekedar jalan-jalan, makan sama temen, sampe nongkrong-nongkrong di sidewalk nya. 

Fenomena "Busking" di Hongdae

Nonton street dance di Hongdae
Hongdae sendiri paling terkenal sama fenomena busking nya, atau street performance. Waktu kami ke Hongdae, banyak banget anak muda yang lagi perform kayak nyanyi sambil main gitar, nge-dance, bahkan ada yang ngelukis! Dan hebatnya lagi, mereka semua ini udah punya komunitas sendiri. Kayak nge-dance, Korea Selatan udah tersohor banget lah sama boyband dan girlband yang fasih banget nge-dancenya. Banyak banget komunitas street dance yang ngecover lagu-lagu paling baru dari boyband atau girlband favorit saat itu. Kalau dilihat dari seragamnya sih, mereka ini anak sekolahan yang baru pulang sekolah, dan malemnya langsung nge-dance di sini. Satu komunitas biasanya terdiri dari 20 orang, baik laki-laki atau perempuan, ada pelatihnya juga yang ikutan nge-dance di sini. Penontonnya pun ga kalah banyak, dari sesama anak sekolah, orang kantoran, sampe foreigners yang kebetulan lagi jalan-jalan di sini kayak gw dan Mirra hihi.





Selain restoran dan kafe-kafe, di Hongdae street complex juga banyak yang jual baju-baju cewe lucu macam di Edae lho. Tapi menurut pengamatan gw dan Mirra, harga yang ditawarkan di Hongdae ini lebih mahal ketimbang harga baju di Edae, startnya aja udah dari 15000 won ke atas, mungkin karena kawasan ini juga terkenal jadi kawasan turis dan orang kantoran kali yaa.



Jadi inget orang kantoran di drama korea, pulang ngantor cape langsung nge-bir dan makan beef grilled :D

Salah satu aksi street dance (maafin gambarnya ngeblur)
Karena ga terlalu lapar, malam itu kami memutuskan untuk cari snack-snack aja. Selain itu sih karena restoran di sekitar Hongdae ini kayaknya lumayan pricey ya, yang dijual kalo ga chicken ya meat. Sambil jalan-jalan, akhirnya nemu lah satu chicken stall shop gitu yang ngejual fried chicken khas Korea tapi di cup. Yaa kalo di sini sama kayak Kkuldak deh. Akhirnya coba beli, per cup nya sekitar 3500 won, lumayan kok sambil lanjut muterin Hongdae lagi.

Chicken stall shop

Korean fried chicken in a cup



Karena chicken aja ga cukup, kami pun mampir ke satu toko es krim yang kayaknya lumayan ngehits nih, interiornya dari luar udah eye catching sendiri, nama tokonya sendiri Sweetruck. Kami pesen yang oreo bubblegum, agak lupa berapa harganya tapi lagi-lagi masih affordable kok. 


Salah satu street art di Hongdae; Painting!
Di malam terakhir kami sebelum meninggalkan Seoul, kami memutuskan untuk makan "agak mewah" dengan mencoba salah satu chicken restoran di Hongdae. Sebenernya sebelum masuk restoran ini pun udah ngelilingin Hongdae dulu sambil bandingin harga dari satu resto ke resto lain hihi. Tapi karena mayoritas restoran di sana grilled meat yang pasti harganya ga murah, kami akhirnya masuk ke restoran Korean fried chicken, namanya Frypan.  





Kami memilih menu semacam chicken bucket, yang ternyata isinya banyaaak banget, mungkin ada 10 potong ayam deh. Disediain juga side dish dan saus nya, dan tidak lupa tong sampah plus plastik buat naruh bekas tulangnya. Total kerusakkan kami malam itu sekitar 15000 won. Karena ayam nya yang kebanyakkan, akhirnya kami diam diam masukkin 2 potong ayam pake tisu ke dalam tas (walopun ujung-ujungnya ga dimakan sampe guest house dan bikin tas Mirra bau doang :P) 

Selama 6 hari kami stay di Hongdae, 3 malam berturut-turut kami iseng jalan-jalan muterin Hongdae; dari mulai makan, cari cemilan, belanja, sampe cuma nontonin street dance. Hongdae ini bikin betah, kawasannya rame, berjiwa muda (cielah), bahkan kami baru pulang ke guest house jam 11 malam cuma jalan-jalan di Hongdae aja. Next time harus nginep di daerah sini lagi, harus puas -puasin muterin Hongdae lagi kayak waktu itu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar