Rabu, 13 Mei 2015

Namsan Tower, Myeongdong (Day 4)

Hari ini jadwalnya kami ke Namsan Tower, udah ngebet banget pengen ke sana (efek nonton drama drama Korea ahahaha), tapi sempat deg-degan karena menurut Katie, temenku yang orang Korea, hujan dan angin kencang semaleman itu karena adanya angin taifun tadi malem. Walah kalau hari ini cuacanya masih buruk, gimana nasib ke Namsan dong yaa? Tapi setelah lihat aplikasi prakiraan cuaca di handphone, katanya sih udah ga hujan dan angin taifunnya juga udah bergerak meninggalkan Korea. Oke lah, tenang hati ini jadinya. Seperti biasa, gw dan Mirra meninggalkan guest house sekitar jam 10, dan bersiap memulai perjalanan ke Namsan Tower.

Berdasarkan panduan dari internet, cara menuju ke Namsan Tower ini gampang sekali. Pertama, kami hanya perlu naik subway dan turun di Chungmuro Station, exit 1. Terus jalan keluar dari exit tersebut dan langsung nemuin petunjuk menuju bus stop no.5 atau no.2 yang langsung membawa kami ke Namsan Tower. Sebenernya gw juga ga tau bedanya apa dari kedua bis tersebut, kami naik bis yang lebih cepat datang, tinggal tap T-Money, lalu duduk manis dan tinggal nunggu turun di pemberhentian terakhir deh :))  Oh ya, sebenernya ada cara lain juga untuk menuju Namsan Tower selain dengan menggunakan bis; kita juga bisa naik cable car sama kayak yang ada di drama korea dan Running Man, pastinya jauh lebih seru dan lebih mahal hihi. Karena kami berdua anaknya super irit, udah cukup seneng kok ke Namsan Tower naik bis, pemandangannya pun ga kalah baguuus!

Sampe moto rute perjalanan bis nya, takut nyasar!

Our selfie at the bus
Kenapa dinamakan Namsan Tower (atau ada juga yang bilang Seoul Tower)? Karena Tower ini terletak di atas bukit Namsan. Menjelang gerbang masuknya jalanan mulai menanjak, tapi di sepanjang jalanan itu kami lihat banyak banget penduduk Seoul yang jalan kaki dari bawah sampai ke puncaknya, banyak juga para lansia lho, makanya di sini semuanya sehat-sehat banget. Begitu sampai di pemberhentian terakhir bis nya, kami turun dan jalan sekitar 1 km sampai ke pintu masuk Namsan Towernya, tinggal ikutin aja kerumunan orang menuju ke sana. Perjalanannya cukup menanjak, tapi karena rame-rame dan cuacanya sejuk, jadi ga kerasa deh jalannya.

Inget banget ini tempat syuting Running Man yang guest nya CNBLUE :D

Teddy Bear shop! mendingan ga masuk deh daripada tergoda
Jadi ya, ternyata efek taifun yang tadi malem masih berasa lho buat kami hari itu. Karena angin di Namsan Tower super kenceeeeeng, dan sayangnya lagi kami saltum banget ga pake jaket tebel. Mana Mirra juga pake short doang, jadi lumayan berasa dingin deh. Akhirnya sambil ngangetin badan sekalian nungguin anginnya reda sedikit, kami berdua makan churros dulu.

Anginnya super kenceeeng!

Namsan Tower terdiri dari beberapa area, yang paling terkenal apalagi kalo bukan Observatory Deck nya, tempat kita bisa melihat pemandangan Kota Seoul, dan yang pasti tempat pengunjung bisa naruh gemboknya di sini. Untuk masuk ke Namsan Tower, kita perlu membayar 10000 won sudah termasuk all access (lumayan mihil sih bok, tapi gpp lah yang penting Namsaaan). Oh ya, satu tips kalau mau ke Namsan Tower dan berniat buat naruh gembok cinta berinisial namamu dan kekasih di sini (jijay gilaa), mendingan bawa gembok dari rumah ya cyiin, lumayan ngirit banget karena kalo beli gembok di toko souvenir di sini harganya another 10000 won deh (100ribu rupiah), untungnya gw udah prepare gembok pleusss spidol buat nulisin namanya haha niat abiszzzzz.

Salah satu kesedihan karena ada angin kencang di sini adalah, foto foto kami ga ada yang bener! Rambut pasti berantakkan kemana-mana, padahal kan niatnya mau pose super cantik gitu ya mumpung lagi di Namsan Tower, apaaah gagal semua ituu. Akhirnya ya dari 10.000 usaha selfie yang worth it buat dipajang cuma...dikiiit.. kayak yg di bawah ini ahahaha sediiiih.

Lumayan baguslah walau ada rambut-rambut di muka dikiiit :D

The observatory deck

Saking kencengnya angin saat itu, Observatory Deck pun berasa "goyang-goyang"

Uhuyyy ikut nyumbang gembok cintaa

Semoga next time ke sini bisa sama kamyuu :>

Selfie dengan latar Do Min Joon yang mukanya dicoret-coret ahaha

Karena merasa mubazir udah bayar mahal-mahal tapi masa cuma foto-foto di Observatory Deck doang? Kami pun naik ke lantai 2F menggunakan lift interaktif gitu yang seakan-akan membawa kita ke luar angkasa hihi. Awalnya penasaran ada apa sih di atas? Kebanyakkan sih restoran Korea yang mahal-mahal gitu, yang restorannya bisa muter sambil lihat pemandangan Kota Seoul (efek dramaaa), ada juga toko snack, sampai ada another observatory deck, tapi yang di lantai atas ini tertutup, kita bisa lihat pemandangan Kota Seoul juga dan dilengkapi dengan teropong. Sayang karena cuaca ga cerah, ga ada yang bisa dilihat juga.

Pemandangannya lumayan butek karena cuacanya ga cerah
Abis puas jalan-jalan ke atas, gw dan Mirra memutuskan untuk pulang dan ngelanjutin perjalanan ke destinasi selanjutnya. Jadi, karena gw ngira perjalanan kami ke Namsan akan memakan waktu lumayan lama, gw sengaja ga mau masang itinerary yang terlalu berat sehabis ini. Eh tanpa disangka trip kami ke Namsan lumayan singkat karena jaraknya yang ga terlalu jauh dan angin yang super kenceng kali yeee. Perjalanan turun dari Namsan Tower ke bus stop enak banget karena turunan semua, sejuk, dan indah khas pohon-pohon di musim semi. Lalu, itinerary kami selanjutnya adalah.... Myeongdong! Mau sightseeing keramaian Myeongdong di sore hari, cuci mata sambil belanja kosmetik hihi.

Pemandangan turun ke bus stop dari Namsan Tower

Bye bye Namsan Tower, see you again!

Iklan ulang tahunnya Jonghyun di Myeongdong Station
Myeongdong ini terkenal banget sebagai surga nya toko kosmetik di Korea. Selain itu, banyak banget yang jual aksesoris di pinggir jalan, food street, pokoknya surga deh buat cewe-cewe. Banyak juga kok yang kesana tanpa niat belanja, cuma sightseeing ngelihatin keramaian sore-sore, tapi hati-hati kalo ujung-ujungnya malah jadi belanja banyak (seperti gw pada hari itu ahaha). Begitu sampai Myeongdong Station, jangan langsung keluar di exit nya ya, karena banyak banget barang-barang lucu di Myeongdong Underground Shopping Marketnya, ada baju cewe yang lucu-lucu, souvenir oleh-oleh, sampai ada beberapa toko yang isinya full sama cd, poster, sampai semua merchandise artis kpop, bener-bener syurgaaaa! Oiya, kalau mau menyusuri Myeongdong dari awal banget, lebih baik keluar di Myeongdong Station exit 6 atau 7. Pokoknya kalau udah ketemu toko Nature Republic yang penuh rumput merambat di temboknya kaya gambar di bawah ini, berarti kalian udah berada di jalan yang benar.

Suka bgt sama Nature Republic concep store di Myeongdong ini

Kpop idols everywhere, this time is Shinee

Basically you can find KSH everywhere

Like... everywhere!

Lotte Shopping nya Myeongdong yang terkenal dan besar banget

Taeyeon as the brand ambassador

Found Lee Jong Suk!
Korea ini memang dikenal sebagai gudangnya merk kosmetik. Dari yang familiar sampe ke Indonesia kayak Face Shop, Skinfood, Etude House, yang belum ada di Indonesia kayak Innisfree, Nature Republic, dan brand kosmetik lainnya yang mungkin hanya terkenal di Korea. Pinternya lagi, mereka memasang para aktor, aktris, dan yang paling menarik pembeli cewe-cewe kayak kita gini, apalagi kalau bukan kpop idol atau hallyu star. Bisa dibayangkan lah di Myeongdong ini, banyak banget foto para kpop idol dan hallyu star tersebar di setiap sudut. Apalagi, brand-brand terkenal kayak Innisfree atau Nature Republic mungkin punya sampai 5 store itu hanya yang di Myeongdong aja. Gimana ga surga belanja ditambah surga mata ya kaan? Tapi dari sepengamatan gw sih, yang paling laku jadi brand ambassador produk dimana-mana (ga cuma produk kosmetik), itu adalah Kim Soo Hyun sama Exo, they are literally everywhereee.

Karena kami belum makan siang, gw dan Mirra berniat untuk makan KFC di Myeongdong (yang kira-kira halal dan ga terlalu mahal gitcuu). Eh di jalan menuju KFC, kami tiba-tiba nemuin satu restoran Korea yang dari luar bisa kita lihat menunya, ternyata murah dan masuk budget makan siang kami. Gak tau nama restorannya apa karena pake karakter Korea, dan di sebelah mananya Myeongdong pun udah lupa (patokannya cuma deket KFC ajaah). Restorannya kecil, dan ngejual makanan khas Korea banget. Langsung deh kami mesen cheese kimbap dan spicy seafood ramyeon, total kalau ga salah sih 10.000 won untuk 2 makanan itu, ditambah free water dan side dishes yang banyaak, lalu kami pun tertawa bahagiaaa hahaha. Kelar deh urusan makanan kami siang itu :))

Our late lunch that day; kimbap and spicy ramyeon!

Senyum bahagia sebelum makan siang

Sampe sekarang masih kebayang rasanya spicy ramyeon ini sluuurpp

Myeongdong, semakin sore semakin ramai

Kim Soo Hyun again

Egg Bread as food street
Setelah puas jalan-jalan, makan siang yang lumayan telat, dilanjutkan belanja-belanji (nyicil oleh-oleh sih niatnyaa), lanjut menyusuri Myeongdong sampai khatam ke jalan yang kecil-kecil dan masuk-masuk, kami memutuskan untuk pulang kembali ke guest house. Kaki udah lumayan menjerit, tangan juga udah keberatan bawain belanjaan, uang juga udah semakin menipis sih. Tapi sayangnya karena kami naik subway pulang menjelang jam 6 gitu, jadi lagi peak hours semua orang pulang kantor dan sekolah/kuliah, keadaan di subway station penuh dan hectic banget, buat pelajaran yaa jangan naik subway pas peak hours kayak gitu hihi.
Sticker SNSD yang dibeli di Myeongdong Underground Shopping Market, 1000 won sajaaa

Akhirnya beli ini juga di sini :))

Alhamdulillah hari ke-4 di Seoul selesai juga, seneng banget karena hari ini udah kesampaian ke Namsan Tower, feel like Seoul People dengan jalan-jalan ke Myeongdong, nyicil beli oleh-oleh buat orang rumah, daaaan beli merchandise kpop buat diri sendiri tentunya. Happy! Sampai bertemu di cerita perjalanan besok yaa!