Kamis, 14 Mei 2015

Ewha Womans University, Insadong, meet up with Katie (Day 5)

Hari ke-lima! Cuaca hari ini surprisingly cerah lho, sunny tapi masih berangin juga sih. Hari ini kami rencananya mau ke daerah Ewha Womans University, universitas khusus perempuan pertama yang ada di Korea. Kenapa eh kenapa kepikiran ke sini? Jadi gini, pas lagi nyusun itinerary (yang sepenuhnya diserahkan ke gw oleh Mirra), gw keingetan sama universitas ini yang punya arsitektur gedung dan pemandangan kampus yang indah banget. Saking bagusnya, sering dipakai syuting beberapa acara Korea kaya Running Man. Nah, daripada bingung mau kemana karena waktunya masih luang, kenapa ga coba datengin tempat ini? 

Sesuai namanya, Ewha Womans University terletak di daerah yang namanya Ewha, cukup turun di Ewha Womans University Station Line 2, exit 2 atau 3. Karena daerah ini adalah kompleks universitas yang lengkap sama kafe-kafe, restoran, toko-toko baju, sepatu, keperluan anak muda pokoknya, maka daerah sekitar universitas ini juga biasa disebut "Edae"/ 이대  , singkatan dari "화 학교 " (Ewha Womans University dalam bahasa Korea). 

Entering gate of the university

Main landmark dari Ewha Womans University


Waktu kami datang, ada rombongan field trip dari sekolah setempat yang mungkin diarahkan untuk masuk ke universitas ini nantinya, ya kayak field trip nya anak SMA kita ke universitas-universitas terkemuka di Indonesia lah. Edae ini terkenal sebagai salah satu universitas bergengsi banget di Korea, ga bisa sembarangan orang masuk ke sini deh. Langsung ngayal kalau kuliah di sini pasti asyik banget, universitas bagus, ditambah arsitektur dan pemandangannya juga keren banget. Makanya banyak juga turis-turis seperti kami (baik non Korea ataupun Korea) yang dateng kesini cuma buat lihat-lihat dan foto-foto lho. 

Edae sendiri didirikan pada tahun 1885 oleh misionaris asal Amerika, jadi ga heran gedungnya pun masih mempertahankan gaya arsitektur di abad ke-19, yang menurut gw justru punya kesan magis, seakan-akan kita berada di film-film Amerika jaman dulu. Gaya arsitektur ini bisa kita lihat dari awal memasuki Edae, ada landmark gedung dengan gambar salib di atasnya, khas sekolah Kristen pada jaman dulu. Selain itu yang paling terkenal jadi spot foto di Edae adalah landscape jalanan yang berada di tengah dua gedung kaca, yang didesain oleh arsitek asal Perancis, Dominique Perrault. Kita bisa naik menyusuri jalan di atas gedung kaca itu, yang akan membawa kita ke kompleks gedung lainnya. Walaupun gedung kaca tersebut terkesan modern dan futuristik, jalanan menanjak di atas kedua gedung itu dipenuhi vegetasi rerumputan, jadi kita bisa jalan santai sambil menikmati pemandangan yang menyejukkan mata. 


Jalanan di antara dua gedung kaca

Salah satu sisi jalanan menanjak di atas gedung kaca

What a beautiful landscape

Lagi-lagi kita bisa nemuin gedung-gedung antik sebagai gedung universitasnya, salah satunya gedung yang menurut gw mirip sama rumah di Little House on The Prairie ini, indah banget kaan.  Di sepanjang jalan menanjak ini juga disediain jalanan setapak dan kursi taman, yang juga oke jadi spot foto kalau kalian mulai kecapean haha. Karena cuaca yang lumayan cerah, bisa dibilang gw agak saltum karena pake sweater tebel, kebalik banget sama cuaca berangin kemarin di Namsan tapi cuma pake cardigan tipis haha.

Gedung universitas yang mirip kayak rumah di Little House on The Prairie

Sunny day it is!

Jalan setapak menuju another complex of this university


Landscape nya bagus banget dilihat dari atas gini
Abis puas muter-muterin universitas ini, gw dan Mirra langsung gerak cepat muter-muter di shopping area nya. Dan emang bener lho, banyak banget toko khas anak muda di sini; mulai dari toko sepatu, baju-baju cewe Korea yang lucu-lucu, aksesoris, pernak pernik, kafe tempat nongkrong, pokoknya komplit banget deh. Tempat ini cocok banget buat cewe-cewe cuci mata, segeeer banget hahaha. 

Warna warni di salah satu toko di Edae



Churros nya bikin ngiler pengen dibeli!

Salah satu street food corner


Baju baju khas cewe Korea yang lucu lucu banget, that coat though!

One of the shopping alley

Egg Bread, salah satu street food yang lagi booming sekarang


Mural di taman dekat Ewha Station, cuuute!
Menurut pengamatan gw dan Mirra sih, harga baju-baju di Edae Shopping Area ini murah-murah banget! Masa banyak banget toko yang naruh label harga di baju-baju lucu mereka, cuma 5000 won, atau sekitar 50ribu rupiah, dan bajunya yang up to date banget dipake sama cewe Korea sekarang gitu lho. Gw aja sampe beli 2 baju, terus abis itu nyesel karena ternyata di Edae ini emang harga bajunya disesuaikan sama kantong mahasiswa, jadinya emang lebih murah dari dimana-mana (nanti diceritain di postingan lainnya ya!). 

Terus buat harga street food nya juga lebih murah daripada di tempat lain. Kemarin pas ke Myeongdong ngeliat Egg Bread yang dijual di jalanan harganya 3000 won, eh ini di Edae cuma 1000 won, langsung deh gw sama Mirra beli hahaha. Egg Bread ini adalah roti yang di atasnya ditaruh telur. Kalau menurut lidah gw sih rasanya kemanisan karena rotinya, padahal gw kira ada rasa savory dari telurnya, eh ternyata plek plek aja manisnya. 

Duduk sebentar sambil makan Egg Bread

Bye bye, Edae! till next time yaw! 

Abis dari Edae, sebenernya kami ga punya plan kemana-mana karena saking nyantainya bikin itinerary. Tapi terus Mirra kepikiran sama tas seharga 10000 won yang tokonya kita lewatin waktu ke Insadong hari ke-dua kemarin, nyesel ga beli katanya. Iya juga sih, secara satu toko jual tas harganya 10000 won semua, dan tas nya yang kulit gitu, jadi why not? Selain itu emang kami belum sempet muter-muterin Insadong dan ada satu tentatif plan kami ke situ, yaitu mengunjungi Ssamziegil. 

Insadong sendiri adalah satu area di Korea yang juga dijuluki sebagai pusat kerajinan dan seni. Di sepanjang jalanan Insadong, banyak banget terdapat gallery, kafe, tea shop, toko yang menjual berbagai kesenian kayak lukisan, kerajinan tangan kayak kain hanbok dan berbagai kerajinan tanah liat. Selain itu, sepenglihatan gw juga banyak banget toko yang ngejual berbagai macam souvenir khas Korea. Buat yang mau beli oleh-oleh, gw sarankan sih coba beli di toko-toko di Insadong ini deh, pilihan super banyak dan harga juga bersaing. 

Salah satu gallery lukisan di Insadong

Ssamziegil, destinasi kami selanjutnya!
Ssamziegil adalah shopping centre yang ada di Insadong, yang di dalamnya terdapat lebih dari 70 toko yang menjual berbagai macam hasil kerajinan mulai dari fashion, aksesoris, handicraft, sampe ke makanan. Ssamziegil terdiri dari 4 lantai, yang dihubungkan oleh tangga spiral. Jadi kalau kita mau menyusuri Ssamziegil sampai lantai teratas, kita mesti siap-siap jalan nanjak terus ya karena konsepnya supaya kita bisa melihat semua toko yang ada di sini. 

Ssamziegil dilihat dari bawah

Booth karikatur di Ssamziegil


Mural di salah satu tembok

Taman di rooftopnya
Di lantai paling atas, ada rooftop yang isinya ada taman yang dipenuhin sama berbagai hiasan khas anak muda, kayak gambar di atas ini. Ada satu gerbang yang isinya penuh gantungan pesan cinta, semacam love lock nya Namsan Tower, banyak juga couple yang selfie dengan latar gantungan ini haha. Kalau ga salah gantungan notes ini bisa dibeli di rooftop ini juga deh, tapi gw ga terlalu merhatiin dijual dimananya hihi.
Gerbang yg penuh gantungan pesan cinta



Bahkan ada alat bertani nya segala hihi


Ga mau kalah dong, selfie!
Sebelum pulang, kami nemuin satu toko yang menawarkan photobox menggunakan hanbok, atau baju tradisional khas Korea. Harganya 5000 won per orang, kita dapat satu lembar photobox yang bisa dijadiin stiker juga. Karena waktu di Gyeongbokgung sama di Bukchon kemarin kami ga sempet foto pake hanbok, akhirnya kami photobox deh di situ. Kita bisa milih warna baju hanbok dan hiasan kepala sendiri, dan sama seperti photobox yang terkenal di Jepang, sehabis berfoto kita bisa ngedit muka sampe cling banget, pokoknya sampe ga bisa ngenalin diri sendiri deh di foto haha. Ga nyesel deh kami sempet photobox di situ, buat kenang-kenangan! :)

Udah mirip Yoona beluuuum? :)


Karena waktu sudah menjelang jam 3, dan kami belum makan siaang, kami memutuskan buat cari resto yang "terjangkau" di sekitaran Insadong. Tapiii ternyata karena ya sekitar sini tuh penuh sama galeri, jadi ga terlihat tuh resto yang terjangkau. Semua resto yang kami datengin, range harganya selalu dimulai dengan 6000 won. Akhirnya karena udah cape muter-muter ga ketemu resto lain, kami memutuskan untuk go show di restoran di lorong sebelah Ssamziegil ini, nama restonya Insadong Jib. Restoran ini bener-bener khas Korea banget dengan interiornya dan jenis makanannya. Pengunjung yang dateng ke resto itu juga kebanyakkan tante-tante yang lagi arisan sama temen-temennya, wealthy class gitu deh haha. 



Kami memesan makanan yang paling murah harganya, Dubu Jjigae buat gw dan Doenjang Jjigae buat Mirra. Sama seperti di restoran khas Korea lainnya, kami juga mendapatkan free water dan side dishes yang banyak; kimchi (pastinya), tahu dengan sambal asam, anchovy, dan yang warna putih itu kol dikasih mayonaise, enaaak banget. Awalnya kami yang kelaperan rasanya bisa ngabisin semua makanan yang ada di situ, tapi berhubung porsi makanan dan nasinya banyak ditambah side dishesnya, jadi lumayan kekenyangan juga. Alhamdulillah sih yah dengan harga makanan yang segitu, jadi mikir jadwal makan selanjutnya dipindah jadi besok siang aja gimanaaa? hihihi.

eating authentic Korean food in Korean resto; checked!

Kelar makan siang yang emang lumayan telat, kelar Mirra menjemput tas idamannya di Insadong (gw akhirnya ga beli karena mikirin koper nanti ga muat, terus nyesel juga tapi ga beli), kami memutuskan untuk kembali ke guest house dulu buat istirahat sebentar. Lumayan cape banget kan seharian, sekalian naruh kantung belanjaan hehe. Selain itu, kami juga mau istirahat dulu karena malemnya kami ada janji buat ketemuan sama Katie, temen kerja gw dulu waktu di Hongkong. Katie yang tinggal dan kerja di Incheon, udah janjian mau ngajak gw dan Mirra makan malam di Hongdae nanti malam, karena guest house kami memang deket banget sama Hongdae. Selain itu, emang karena di Hongdae kan banyak restoran dan kafe, jadi janjianlah kami malam itu jam 8 sambil nunggu Katie pulang kerja dari Incheon. Untuk postingan tentang Hongdae sendiri, akan kujadikan postingan terpisah ya, saking banyaknya yang mau diceritain di sini hihi.

Kami janjian ketemu Katie jam 8 di Hongdae Station exit 6, atau 7 ya? hahaa. Katie datang agak telat, maklum jarak Incheon ke kota Seoul juga sejam-an, kasihan deh tu anak sampe lari-lari dan minta maaf berkali-kali pas nyampe. Dari awal Katie udah nanyain mau diajak makan apa? Gw sama Mirra sih jujur aja ga ada keinginan spesifik mau makan dimana, tapi emang di Hongdae itu banyak banget restoran fried chicken nya Korea. Pikir kita ah harganya juga kan ga terlalu mahal (just in case ini bayar sendiri-sendiri ahaha). Eh dia malah ngajakkin makan di fusion restaurant, jeng jeng jengg... :D

Ternyata eh ternyata, karena Katie juga bukan orang Seoul, restoran yang udah direncanain sama Katie ternyata permanently closed. Langsung deh tu anak sibuk cari restoran serupa di sekitar situ, kasiaaan banget sampe segitunya, padahal mah kami diajak makan dimana mau mau ajaa. Akhirnya nemu lah satu restoran yang dimaksud, masih di Hongdae juga tapi kok ya lumayan jauh pas kita jalan haha. Nama restorannya sendiri Seoga & Cook, restorannya cuma 2 blok di sebelah restorannya Haha Running Man, yang ngejual black pig BBQ ahahaha. 

Begitu masuk Seoga & Cook ini, udahlah gw dan Mirra lemes karena ini resto yang mewah gitu, mana pas lihat harga makanannya satu porsinya aja 18000 won-an ahaha. Pas gw jujur sama Katie kenapa ini mahal amat, eh dia nanya emang selama di Korea kalian makan makanan dengan harga berapa sih? Dia sampe bengong pas tahu jawaban gw dan Mirra ahahha maluuu. Lalu dengan lebay nya dia mesen banyak banget, satu set steak+spaghetti cream+chips buat dia doang (karena pas mesen dia kira ga ada pork di dalemnya, aduh Katieeee). 

Ini makanannya Katie doang lho pemirsa
Lalu buat gw dan Mirra dipesenlah nasi goreng+telur+mayonnaise+ayam, dan risotto kimchi (kalau ga salah yaa), dan kedua makanan itu piring nya masya Allah besar bangeeet mamaaah, kayaknya bisa buat 4 orang deh porsinya. Terus kita makan sambil catch up, tapi kok ini makanan yang gw dan Mirra makan ga berkurang sama sekali ya porsinya? ahahah Udah mikir ga bakal abis nih, aduh mubazir banget nih, aduh mana mahal banget eh dengan entengnya Katie ngeluarin kartu kreditnya buat bayar. Jangan ditanya totalnya beberapa, makan bertiga gitu abisnya sejuta, mana ga abis akhirnya sisanya dibungkus dan dibawa pulang sama Katie (walopun tadinya maksa nyuruh gw dan Mirra bawa buat di guest house haha).

yang ini makanan gw dan Mirra, dan porsinya buanyaaaak bgt
Karena ngeliat muka gw yang pucet abis makan dengan harga segitu, Katie akhirnya nenangin gw dengan bilang di Korea makan dengan harga segitu normal banget kok. Jangan dibandingin sama di Indonesia, dan jangan dikursin ke rupiah juga, karena kan living cost di Indonesia dan Korea juga sangat berbeda, gitu lagi kata dia. Untuuuung aja gw ketemu Katie ga dengan tangan kosong. Karena udah niat mau ketemu, waktu itu gw sempet nanya dia mau dibawain apa? Eh jawabnya kocak banget, minta dibawain mi goreng indomie yang original warna putih itu lhoo, dulu pas masih sama-sama di HK, dia suka banget tuh makan itu hihi.
pict taken before she was going home :"(
Pokoknya malam itu berakhir hangat karena kebaikkan Katie yang udah mau ngedatengin gw di Hongdae dan nraktir makan mahal banget. Sebelum pisah, kami sempet foto di depan Myeongdong Station, sambil mikir nyesel kok ya tadi kami ga sempet foto pas di restoran, saking serunya cerita dan catch up. Abis foto, gw dan Mirra nganterin Katie ke tempat dia naik bis (udah jam 11 lewat dan kasian juga perjalanan ke Incheon jauuuh), sebelum kami kembali ke guest house. Bye bye Katie, semoga nanti kalau kamu ke Indonesia, aku bisa menjamu kamu dengan baik juga yaaa :")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar