Senin, 25 April 2016

Pregnancy ; My First Trimester Story

HOW DID WE FIND OUT

Alhamdulillahhirabbilalamin, setelah kurang lebih tiga bulan menikah, kami dipercayakan untuk menerima kabar ini ;) Awalnya ya kayak pengantin baru lainnya, setiap ketemu keluarga atau temen-temen pasti pertanyaannya, "Gimana udah isi belum?". Tiap ke kondangan, pertanyaannya udah naik tingkat, bukan lagi, "Kapan nyusul (nikah)?", tapi ya jadi nanya udah hamil apa belum. So far sih gw masih senyum-senyum aja, sambil mikir toh nikah nya juga baru banget, tapi gak jarang juga mikir aduh pasti seneng banget ya kalau hamil cepet. Sempet bilang sih sama Fiqi, kalau udah 6 bulanan nikah belum hamil juga, kita cek yuk ada yang salah apa gak yaa. Sekarang sambil nunggu, tetep berdoa, ikhtiar dan jaga pola hidup. 

Bulan Januari lalu, tepatnya pertengahan bulan, gw udah mulai ngerasa aneh karena belum juga datang bulan. Karena gw tipe perempuan yang siklus datang bulan nya sangat teratur, (bahkan gw rajin nyatetin siklus datang bulan di aplikasi hand phone), jadi lumayan heran juga kok belum dapet juga ya. Emang sih ada tanda-tanda kayak mau datang bulan, kayak sakit perut bagian bawah, pegel-pehel di paha dan kaki, tapi kok ya yang ditunggu belum datang juga. Fiqi yang udah tahu siklus datang bulan gw juga ikut heran, sambil harap-harap jangan-jangan gw hamil, tapi gw ga mau kegeeran dulu. Akhirnya kami sepakat untuk nunggu sampai sekitar semingguan deh.

Setelah seminggu nunggu, gw akhirnya minta anterin Fiqi ke klinik untuk beli test pack. Karena pertama kalinya beli test pack dan gak tau cara makenya, gw sampe nanya mbak-mbak nya :D Akhirnya berbekal info di google, keesokan paginya gw coba pake test pack. Gw nyoba 2 test pack, yang mureh dan yang merknya Sensitif. Daaaan akhirnya dua strip dan warnanya sama-sama merah :)))))))))  Tapi saat itu gw ga mau ngasih tau Fiqi dulu, soalnya besoknya paaas banget ulang tahun dia, jadi gw masukkin 2 testpack itu ke dalem box, dan gw jadiin kado deh buat Fiqi keesokan harinya ;))))) Respons Fiqi ga usah ditanya lah gimana, menurut dia itu the best gift ever ;)) Tapi lagi-lagi kami sepakat ga mau ngasih tau keluarga terlebih dahulu, sampe kami bener-bener udah ke dokter kandungan dan udah dipastiin kalau memang gw hamil. Karena ada aja pengalaman orang walopun udah testpack positif, tapi ternyata USG di dokter kandungan berkata lain.

Akhirnya Sabtu selanjutnya, kami konsultasi ke Dr Kartika di Bintaro Women and Child Clinic (BWCC). Kenapa milih konsultasi ke sini? Dapet saran dari kakak ipar, karena baru telat beberapa minggu, pikiran gw sih pasti belum bisa dilihat lewat USG perut biasa. Dokternya pasti nyaranin untuk USG transvaginal, dan dari faktor kenyamanan emang lebih nyaman sama dokter cewe. Singkat cerita kami kesana dan bener aja langsung disuruh USG transvaginal. Sempet deg-degan karena pengalaman pertama, untung dokternya nenangin terus. Daaaan... inilah hasil dari USG transvaginal pertama kami hari itu;

Hey there little one ;) (USG on 6 weeks pregnancy)


Buletan besar berwarna hitam ini adalah kantung janin nya. Dan titik kecil warna putih itu lah yang insya Allah akan jadi dedek bayi nya ;). Jujur aja pas dokternya sibuk meriksa pake alat USG, gw sempet mikir jangan-jangan gak ada nih dedeknya. Dan begitu dokternya bilang, "Naaah ini diaaa..." aduh mata tuh langsung berkaca-kaca banget, speechless, bersyukur banget sama AllAH SWT. Alhamdulillah kata dokternya ga ada kista atau miom juga, dan calon janin nya juga tumbuh di dalam kantung janin. Singkat cerita gw dan Fiqi cocok lah sama klinik dan dokternya. Dr Kartika ini masih muda, pembawaannya gaul dan asik, dan yang paling penting ga nakut-nakutin pasiennya. Waktu nanya ada pantangan makan atau apa gitu, kata dokter nya yang penting sehat dan sang ibu nya seneng makannya. Pertemuan hari itu ditutup dengan janji appointment selanjutnya di empat minggu ke depan. Sepanjang jalan pulang rasanya kami ga henti-hentinya senyum-senyum sendiri. Nyampe rumah ngasih tau nyokap sama bokap dengan ngasih buku periksa yang ditempelin foto tersebut. Awalnya mereka berdua bingung apaan sih ini, terus langsung pada seneng banget dan nanya, “kok ga bilang-bilang siiiih”. Hehehe kan emang mau surprise dan supaya semuanya udah pasti dulu. Peer selanjutnya sih yang paling penting karena kandungannya masih muda banget (masih 6 minggu kalo berdasarkan USG tadi), jadi harus dijaga dengan hati-hati banget. Bismillah semoga selalu diberikan kesehatan, kekuatan, dan kelancaran ya nak ;)

THE FIRST TRIMESTER SYMPTOMS

Ini beberapa hal yang gw rasain di trimester pertama ini. Jadi kalau kalian ada yang merasakan hal yang sama, jangan takut karena katanya ini wajar terjadi di trimester pertama;

1. Pusing sampe vertigo
Dua hari setelah kami ke Dokter Kartika itu, gw merasa pusing yang berlebihan banget, yang ga pernah gw rasain sebelumnya. Ceritanya pagi-pagi, di hari Senin, menjelang berangkat ke kantor, gw emang biasanya didrop Fiqi naik motor sampe naik bis. Pas mau berangkat emang udah berasa kok agak pusing ya, kirain pusing biasa aja. Selama di perjalanan tiba-tiba keringet dingin mulai membanjiri kepala dan badan, rasanya kok makin pusing, akhirnya minta Fiqi berhenti di pom bensin deket tempet gw biasa naik bis. Sambil duduk sebentar, terus akhirnya...muntah saking ga tahan sama pusingnya. Lemeees banget dan gemeteran kayak orang menggigil. Akhirnya dianterin sama Fiqi pulang ke rumah dan izin ga masuk hari itu. Begitu sampe rumah langsung tiduran aja sampe siang dan isi perut dengan makan pisang, soalnya takut muntah lagi kalau makan yang lain. Karena bingung harus minum obat apa (ibu hamil kan ga boleh sembarangan minum obat), akhirnya gw cuma tiduran sampe lama kelamaan malemnya vertigo nya ilang sendiri huhu.

Besok harinya, gw emang sengaja cuti karena waktu itu bertepatan sama hari ulang tahunku haha. Terus minta anterin Fiqi ke Dokter Kartika lagi buat minta obat. Kata Dokter Kartika sih pusing sampe vertigo ini masih wajar karena disebabkan oleh perubahan hormon di awal kehamilan. Akhirnya gw dikasih obat pusing yang baru boleh diminum kalau vertigo nya udah parah banget kayak kemarin (tapi semoga enggak dan sebisa mungkin obatnya ga diminum). Setelah kejadian itu, pernah juga bangun tidur tiba-tiba vertigo berat dan akhirnya ga masuk kerja, tapi tetep obatnya ga diminum dan cuma istirahat seharian di rumah. Alhamdulillah sih sejauh ini walopun vertigonya udah lumayan parah, masih bisa diatasi dengan istirahat seharian di rumah tanpa minum obat dari dokter, semoga seterusnya juga seperti itu yaa, Amiiin.


2. Mual-mual, perut kembung, dan ga nafsu makan
Ini mungkin biasa dialami sama ibu-ibu hamil di trimester pertama, atau istilahnya morning sickness. Tapi ga seperti morning sickness pada umunya yang cuma terjadi di pagi hari, buat gw mungkin istilahnya jadi all day sickness ;( Karena emang mual yang gw rasain ga mengenal waktu; pagi hari pas berangkat ke kantor di bis udah mual, siang hari jam makan siang yang akhirnya membuat gw tiduran terus di ruang meeting, sore hari di bis pulang ke rumah, dan malem hari menjelang tidur. Lagi-lagi sih penjelasan dari Dokter Kartika ya ini emang bagian dari perubahan hormon juga. Gw juga udah coba mengatasinya dengan minum rebusan air jahe, tapi kok ya ga membaik dan malah tambah mual haha. Semua orang sih bilang ini rutin terjadi di trimester pertama, nanti begitu udah lewat tiga bulan udah ga mual lagi kok (sambil berharap itu betulan haha). Biasanya kalo mual nya udah parah, gw coba tarik nafas pelan dan dalam-dalam. Selain itu sering juga perut terasa kembung, tapi kalo udah tarik nafas, nanti siklus nya gw akan bersendawa ngeluarin gas yang ada di perut itu. Jadi so far all is well sih.

Untungnya walopun mual-mualnya bisa sampe seharian, di trimester pertama kemarin bisa dihitung jari berapa kali gw sampe muntah; kayaknya sih sekitar tiga kali aja. Tapi efek dari mual-mual tersebut buat gw adalah : jadi ga nafsu makan. sama sekali. Huhuhu padahal kan emang harus makan buat dede bayinya. Apa-apa bawaanya ga nafsu, ga enak di mulut, bahkan minum air putih aja ada after effect ga enaknya di mulut. Sampe akhir trimester pertama, berat badan gw pun cuma naik 1kg. Sempet takut ada efeknya ke dede bayi, tapi kata Dokter Kartika, kalo ga nafsu makan, mendingan cari makanan yang kira-kira kita sukain banget, biar ibu dede bayi nya juga seneng makannya. Kalau udah gini langsung lirik Fiqi buat ngajakkin jalan cari makanan favorit deh hahaha.

3. Heartburn 
Ada beberapa waktu di trimester pertama dimana gw ngerasain dada yang rasanya nyesek banget, ditambah jantung rasanya kayak berdetak kenceng ga kayak biasanya. Lumayan sering sih ngerasain ini. Kalau cari penjelasannya di Google, katanya sih ini tandanya sedang terjadinya pertumbuhan janin di dalam perut kita. Janin yang lagi tumbuh besar ini somehow menekan organ tubuh-tubuh kita yang lain seperti dada dan jantung, sehingga rasanya dada dan jantung kita terasa seperti terdesak. Make sense sih ya penjelasannya, namanya juga janin membesar pasti menyebabkan anggota tubuh kita yang lain membutuhkan waktu untuk adaptasi.


Kalau dari ngobrol-ngobrol sama temen-temen kantor, buka forum ibu-ibu hamil, semua ibu hamil punya pengalaman kehamilan yang berbeda-beda ya. Ada lho temen gw yang dari awal hamil sampai melahirkan ga ngerasain mual, pusing, ataupun muntah sama sekali. Ini biasanya kalo orang dulu nyebutnya "hamil kebo". Hamilnya ga berasa yang aneh-aneh, makan pun kayak biasa aja malah semakin gahar hihi. Tapi ya ada juga yang kayak gw, atau malah lebih parah sampe ga bisa makan apa-apa. Kalaupun ngalamin morning sickness lagi-lagi gw selalu inget kata-kata positif dari orang-orang sekeliling gw, this too shall pass, nanti pas lewat trimester pertama insya Allah kondisi badan udah lebih enakkan. Amin yaaa, semoga kehamilan kita semua selalu diberikan kelancaran, kesehatan dan kekuatan ;)

Anyway, di usia kehamilan menjelang 10 minggu, gw dan Fiqi kontrol bulanan lagi ke Dokter Kartika. Pas di USG, Subhanallah udah kelihatan bentuk dede bayinyaaa :") kami juga udah bisa dengar suara detak jantungnya yang lumayan kenceng. Bahkan kami bisa liat gimana tangan dan kaki dede bayinya bergerak aktif lewat alat USG ini :") Sayangnya saking terkesimanya dan speechless ga nyangka pertumbuhannya bisa secepat ini, Fiqi sampe lupa buat ngevideoin, next time pas kontrol lagi yaa dek :")


Gambar tangan dan kaki dedek nya yang gerak-gerak pas di USG :") (USG on 10 weeks pregnancy)

Sampai bertemu di cerita trimester kedua yaaa :*




3 komentar: