Rabu, 08 Juni 2016

Pregnancy; Second Trimester Story

Alhamdulillah sekarang usia kandungan ku sudah menjelang 24 minggu, yang artinya sebentar lagi akan memasuki trimester ketiga. Perasaannya? Jangan ditanya, campur aduk deh pokoknya! Deg-degan sekaligus excited mau cepet-cepet ketemu dedek bayi nya :))

PERUBAHAN DI TRIMESTER KEDUA

Selama trimester kedua ini, banyak banget hal-hal baru yang gw dan Fiqi alami. Pertama, kalau di trimester pertama bawaannya mual dan vertigo terus, dan percaya ga percaya saat semua orang tua dan temen-temen yang udah berpengalaman pada bilang, "Nanti kalo udah lewat tiga bulan juga udah ga mual lagi kok", ternyata oh ternyata "mitos" itu ada benernya juga. Asli sih menurutku setelah memasuki empat bulan, mual-mual itu Alhamdulillah pelan-pelan ilang. Yang tadinya ga nafsu makan sama sekali dan cuma naik berat badan 1kg, terus tiba-tiba jadi enak banget mau makan apa aja, sampe berat badanku sekarang udah naik ampir 7kg muahaha :)) 

Downside nya sih udah mulai ngerasa kaki keram pas bangun tidur, langsung suami siaga mijitin biar ga keram lagi :") Terus semakin sering pengen pipis, alias beser. Ga lagi hamil aja gw tipe yang beser dimanapun dan kapanpun, kebayang kan rempong nya gw sekarang ini. Pokoknya jangan pulang dari kantor kalo belum pipis satu menit sebelumnya :D perjalanan dari kantor ke rumah yang makan waktu dua jam (belum ditambah macetnya) lumayan bikin senewen nahan pipis di tengah jalan. Terus pantat mulai kerasa pegel banget kalo duduk terlalu lama, mana kerjaan kan duduk di depan komputer terus kan ya, jadi ngakalinnya pake bantal kotak gitu buat alasnya di kursi biar pantatnya empuk pas duduk dan ga pegel atau sakit lagi. 

Tapiiii... yang paling bikin makin seneng adalah, beberapa minggu setelah lewat empat bulan, kok gw mulai merasakan "sedikit pergerakan" di perut bagian bawah. Awalnya kayak kedutan biasa aja sih, eh tapi lama-kelamaan gerakannya makin kenceng. Dedek bayinya Alhamdulillah aktiiif banget kalo di atas jam delapan malem, jam dimana gw udah pulang kantor dan sampe rumah, selese mandi dan makan, tinggal nyelonjor di tempat tidur, mungkin dedeknya seneng kali ya hihi. Fiqi pun awalnya masih agak ngeri megang perutku pas dedek bayinya lagi gerak-gerak, eh pas dia coba sendiri dia langsung takjub sendiri juga hahaha :")

CERITA GANTI OBGYN & RUMAH SAKIT

Di trimester kedua ini, gw juga beberapa kali ganti obgyn dan rumah sakit. Sebelumnya, gw sempet dua kali periksa ke Dr Kartika di Bintaro Women and Child Clinic. Tapi pas bulan depannya mau bikin janji buat pemeriksaan selanjutnya, suster di sana ngasih tahu kalau Dr Kartika nya udah ga praktek karena mau ngelanjutin sekolah ke Belanda selama dua tahun.....jeng..jeng.. langsung bingung mau periksa kemana karena ga ada persiapan sama sekali. Setelah googling2 dokter cewe di wilayah Tangerang dan BSD, akhirnya gw dan Fiqi nyoba periksa ke Dr Mery di Eka Hospital BSD. Dengan pertimbangan rumah sakitnya dekeeet banget sama rumah Fiqi, dan ada kenalan yang periksa dengan Dr Mery juga. 

Waktu itu usia kandungan masih sekitar 14 minggu. Dr Mery ini pembawaannya kalem, Alhamdulillahnya sih ga nakut-nakutin dan ga ngasih obat atau vitamin yang macem-macem. Dan entah kenapa gw merasa di pemeriksaan ketiga kalinya ini, gambar dedek bayi nya pas di USG makin jelas (entah karena teknologi USG nya atau gimana), terus Dr Mery keceplosan gitu bilang jenis kelaminnya hihi. Jadi gw dan Fiqi surprised banget gitu pas tahu, karena kami berdua ga nyangka bisa ketahuan jenis kelaminnya saat itu juga, padahal kan kalau kata orang baru bisa ketahuan jenis kelaminnya sekitar 5 bulan lah ya. Intinya mau cowo atau cewe sih sama aja, yang penting sehat-sehat terus ya nak :") Yang jelas kami jadi tambah excited mikirin si dedek bayinya ini :")


Helloo dedek yang Alhamdulillah semakin sehat :")

Secara keseluruhan sih, Dr Mery ini oke, walopun ada beberapa dokter cowok lainnya di Eka Hospital, tapi mungkin ada beberapa bumil yang prefer ke dokter kandungan cewe kan yaa jadi bikin pasiennya lumayan banyak. Selain itu Eka Hospital ini rumah sakitnya udah terkenal lah, fasilitasnya oke, banyak toko cemilan di bawah (teteup lho ini) hihi. Fiqi sih sama gw cocok-cocok aja untuk ngelanjutin check up sampe melahirkan di sini. Tapi pas abis ngobrol-ngobrol sama ibu mertua, disaranin mendingan ke rumah sakit yang deket dari rumah gw dan Fiqi (rumah yang ditempatin kami berdua di Cimone), karena jarak dari rumah ke Eka Hospital bisa sejam-an kalo pake macet, takutnya nanti pas mau ngelahirin eh ketahan beberapa titik macet di jalanan kan serem. Selain itu, pas cari tahu biaya melahirkan di Eka Hospital, kok harganya bikin sedikit menjerit yaa, hehe. Mungkin karena fasilitas yang mereka tawarkan juga udah bagus banget, yaa pokoknya udah mau setara Siloam deh. Masalahnya asuransi kantor Fiqi dan asuransi ku ga ngecover maternity, nah jadi bahan pemikiran juga mau lanjut apa ga di sini.

Akhirnya setelah "bersemedi" selama empat minggu :D gw dan Fiqi memutuskan untuk coba check up selanjutnya ke RS Sari Asih, yang jaraknya dekeeeet banget dari rumah. Pertimbangannya sih selain masalah jarak, tiga tahun yang lalu kakak ipar ku juga melahirkan di situ. Selain itu ada temen SMA yang juga periksa di situ, dan cocok-cocok aja sih. Meluncur lah kami di minggu ke 18, check up dengan Dr Agus. Kenapa akhirnya gw "nyerah" untuk periksa sama dokter cowo sih karena di Sari Asih ini dua dokter kandungan yang bagusnya cowok semua, jadi yasudahlah ya sama aja deh. Untuk jaga-jaga karena RS Sari Asih ini rame banget dan kami harus registrasi ulang takut ngantri nya parah, kami udah dateng dari jam 9 pagi. Eh ternyata walopun kesannya hectic banget pas registrasi ulang, tapi gw acungin jempol karena prosesnya serba cepet dan udah sistematis, ga nyampe 15 menit udah beres deh.  

Masuk ruang tunggu dokter kandungan sekitar jam setengah 10, padahal dokternya aja baru praktek jam 10 :D Eh ternyata karena masih sepi dan belum ada pasien lain yang dateng, jam 10 kurang kami udah dipanggil sama susternya buat periksa padahal dapet nomor urutnya sih belasan gitu, estimasinya jam 11an lah, Alhamdulillah rejeki banget :) Dokter Agus ini tipe dokter pendiem yang ga pake basa basi, langsung aja to the point :"D beliau cuma nanya ada keluhan atau ga, Alhamdulillah sih setelah periksa semuanya normal-normal aja. Sejauh ini sih gw udah dua kali periksa ke Dokter Agus, dan kesan gw tentang beliau tetep sama. Sempet mikir apa coba cari dokter lain yaa? Karena kalo baca-baca di blog bumil, mereka kebanyakan expecting dokter obgyn yang ramah, seneng ngobrol, ngasih tahu ini itu, perhatian lah pokoknya. Tapi kalo kata beberapa kenalan yang juga periksa ke beliau, sejauh ga ada problem sama kehamilan kita, Dokter Agus ini ga bakalan banyak ngomong. Yasudahlah Bismillah aja ya, semoga sih semuanya lancar dan ga ada masalah.

PENGAJIAN EMPAT BULANAN

Awal bulan Mei kemarin, kami sempat menggelar pengajian empat bulanan, walopun timingnya agak-agak lewat karena sebenernya udah memasuki usia kandungan lima bulanan. Soalnya susah cari waktunya dan kebetulan awal bulan kemarin ada banyak libur jadi sodara-sodara bisa sekalian dateng. Acaranya sih ngaji biasa, terus makan siang bareng. Di acara ini sang calon ibu alias gw harus baca Surat Maryam buat dedek bayi nya di perut, sempet nervous diliatin ibu-ibu pengajian komplek dan sodara-sodara hihi. Highlightnya sendiri ada di akhir acara yaitu rujak yang jadi signature dish buat acara-acara empat bulanan atau tujuh bulanan.

Udah mulai keliatan kan yaa baby bump nya? :")
Semoga setelah pengajian kemarin, seiring bertambahnya usia kandungan yang semakin besar, kehamilan ku ini selalu dilindungi Allah SWT, diberikan kesehatan, kekuatan, dan kelancaran sampai proses melahirkan nanti. Amiiiin :")






3 komentar:

  1. Aku penasaran sama jenis kelamin, but I think I can guess it!
    hehehe~

    BalasHapus
    Balasan
    1. adadehrahasia hehehe....
      ayo dong bukber >< skalian berceritaaaa

      Hapus