Minggu, 26 April 2015

Lombok Day 2: Day Trip to Gili Trawangan and Seafood Dinner in Menega

Postingan ini ditulis melanjutkan postingan sebelumnya, jadi maap yaa kalau telat banget baru dipublish hihi.

Hari ini jam 5 pagi udah kebangun dan langsung sedih karena...Lombok hujan besaaaar! Tidaaaak...langsung inget sama rencana full day trip ke tiga Gili hari ini. Huhu sambil berdoa semoga nanti pas saatnya berangkat hujan akan berhenti. Padahal niatnya juga mau jalan-jalan muterin hotel, lihat kolam renang dan lihat pemandangan Pantai Sengigi langsung, batal deeh.. Terus malah melanjutkan tidur lagi karena cuaca yang mendukung hihi (ini sih alesan aja)

Pemandangan hujan dari kamar :(
Laluuu.. bangun jam 7 pagi, dan karena perut krucuk-krucuk dari semalem, akhirnya sengaja cepet-cepet ke restoran buat breakfast. Breakfastnya standar ala buffet di hotel-hotel, banyak banget tamu WNA nya bareng anak-anak nya yang lucu-lucu banget. Dengan noraknya gw ngambil sarapan kayak orang ga pernah sarapan buffet di hotel hihi.

Breakfast like a champion!
Kelar sarapan, sampe Pak Udin udah dateng di lobi hotel, cuacanya masih ujan gerimis aja dong. Akhirnya Pak Udin mengusulkan untuk ke tempat oleh oleh dulu, sambil nunggu ujarnya reda baru deh kita nyebrang ke Gili. Oke deh pak, gw dan teman teman pun semangat buat belanja-belenji hahaha. Jadi dari kemaren pas di Sasak Village, Pantai Tanjung Aan, sampe di depan restoran ayam Taliwang, banyaak bgt yang jualan kaos Lombok. Gw dan teman-teman lain udah gatel banget pengen beli, lumayan kan buat oleh-oleh orang rumah. Tapi Pak Udin selalu bilang, nanti aja di pusat oleh-olehnya langsung, lebih bagus kualifasnya. Kita-kita sih percaya aja sama beliau. Akhirnya dibawalah kita semua ke pusat oleh-oleh khas Lombok yang namanya Lombok Exotic. Tempatnya bagus, ber-AC, ada dua lantai, segala macam kaus Lombok, tas tenun, dompet, sandal, gelang-gelang, kalung, lengkap semuanya. Saking banyaknya pilihan jadi bingung dan kalap beli segala macem hehe. Dan yang bikin kaget adalah, harganya ga mahal-mahal. Bahkan gw aja kaget pas tau tas-tas tenun harganya ga lebih dari 50ribu, kaos juga ada yang di bawah 30ribu, bahagia lah pokoknya. Pas kita dateng karena masih pagi, jadi masih lumayan sepi. Tapi abis itu banyak banget rombongan wisatawan pake bis yang dateng ke situ. Letaknya ga begitu jauh dari daerah Sengigi kok. Tapi sayang banget gw ga foto tempatnya, jadilah foto-foto di bawah ini diambil dari websitenya ya.

Foto-foto diambil dari sini
Beres belanja-belanja, eh ternyata Pak Udin malah ngajakkin ke toko mutiara, tidaaaak uangku sudah abis haha. Niatnya emang ga mau beli, nelpon nyokap pun katanya ga usah, kalo ada bros mutiara aja satu biji, Alhamdulillah kalo gitu. Karena ternyata temen-temen banyak yang beli kalung dan gelang mutiara asli untuk ibu mereka, dan harganya memang lumayan ya. Lagi-lagi lupa foto tokonya, nama toko nya pun gw lupa, pokoknya ga begitu jauh dari Toko Lombok Exotic ini deh.

Jam sudah menunjukkan hampir pukul 11, cuaca juga berangsur-angsur jadi cerah. Akhirnya Pak Udin membawa kami semua ke tempat penyebrangan menuju Pulau Gili! Woo-hoo excited banget. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit, jalan menuju tempat penyebrangannya naik turun, dan Pak Udin juga super ngebut, kalau yang suka mabuk mungkin bisa ngerasa mual. Sesampainya kami di tempat penyeberangan, kami mendapatkan kabar buruk bahwa hari itu kami hanya bisa mengunjungi Pulau Gili Trawangan, dikarenakan cuaca yang sudah siang, dan tidak adanya slow boat  yang bisa membawa kami mengitari Gili Air, dan Gili Meno. Akhirnya kami pun menaiki fast boat, tapi enaknya adalah kapal ini super cepat, jadi mungkin cuma 15 menit perjalanan. Driver fast boatnya sengaja ngebut dan nge-rem gitu deh di tengah laut bikin para penumpangnya khususnya cewe-cewe teriak ketakutan haha.

Kapal kami meninggalkan tempat penyebrangan

Inside the fast boat.

We finally arrived in Gili Trawangan!

Airnya biru banget, pengen langsung main-main air!

Pretty blue sky, white clouds, you can imagine how sunny and bright that day was!

Pas kami sampai di Gili Trawangan, paaas banget jam makan siang. Jadi kami semua langsung melipir ke tepi pantai buat makan. Menu yang disajikan walaupun sederhana tapi enaak. Yang paling enak itu pindang ikan patinnya, lembut banget. Selain itu yang bikin tambah seneng adalah kita makan siang dengan pemandangan pantai gili yang bagus bangeeet.

Our lunch by the beach.
Abis makan siang, Pak Udin langsung siap-siap ngajakkin kami untuk snorkeling di sekitar pantai. Tapi berhubung gw ga bisa berenang, jadi gw dan Reyna memilih untuk ga ikutan. Sayang sih sebenernya, udah ke Gili Trawangan tapi ga ikutan snorkeling. Tapi pengalaman sebelumnya gw snorkeling di Pulau Tidung, rasanya badan berat banget ga bisa berenang tapi mesti snorkeling di tengah laut lepas. Walaupun Pak Udin udah meyakinkan kalau snorkeling kali ini ga di tengah laut, tapi tetep aja takut hihi. Jadi akhirnya gw dan Reyna tetep stay aja di pantai sambil liat-liat sekeliling. Di Gili Trawangan ini, banyak banget turis asing. Lalu, di pulau ini hanya ada beberapa resort besar seperti Aston, dan Villa Ombak yang pasti rate-nya tinggi dan ga pernah sepi. Yang agak disayangkan sih sebenernya kalau di Gili Trawangan ini, hanya ada dua watersport yaitu snorkeling dan canoe-ing. Kami sempat melihat banana boat, tapi kata Pak Udin, lisensi banana boat hanya dimiliki oleh Villa Ombak Resort, ga tau juga kenapa. Oh ya, sama seperti di Lombok kota, di Gili Trawangan ini pun juga kental dengan budaya Islamnya. Kami berganti pakaian dan menggunakan toilet di masjid yang letaknya ga jauh dari tepi pantai. Bahkan, kami bisa mendengarkan suara adzan lho dari tepi pantai. Kata Pak Udin, para wisatawan asing ini boleh party semaleman asalkan jangan pada Hari Kamis, karena hari tersebut memang dikhususkan untuk mengaji.

Me and Reyna, waiting while sunbathing hihi
Sunbathing di tepi pantai

Turis asing hilir mudik
Sekitar jam 4 sore, kegiatan snorkeling berakhir. Lalu kami pun bersiap-siap meninggalkan Gili Trawangan jam 5 sore. Rasanya sedih karena harus ninggalin pulau yang cantik ini, sambil berdoa semoga ada rezeki bisa kesini lagi, siapa tau buat honeymoon hihi AAMIIIIN. Kami naik fast boat lagi menuju tempat penyeberangan di Senggigi dan kami bersiap untuk diajak Pak Udin makan malam di...... Menega Cafe! Waktu Pak Udin bilang bahwa malam ini kami akan makan seafood di Menega, gw langsung inget kalo Menega ini adalah restoran seafood yang terkenal banget di Jimbaran dan selalu waiting list di sana. Horee belum kesampaian makan di Menega Jimbaran, seneng banget bisa ngerasain makan di Menega Senggigi. Menega Senggigi ini terletak tepat di tepi Pantai Senggigi, dan waktu kami sampai di sana, paaaas banget waktunya sunset. Jadi kami bisa makan menghadap sunset.

Dinner with the sunset, dan bonusnya bisa liat Puncak Gunung Agung di Bali dari kejauhan
Begitu makanan disajikan, kami langsung lahap makan, dan yang bikin tambah kaget adalah porsi per orangnya lumayan banyak! Masing-masing dari kami dapet satu porsi seafood platter yang dibakar, yang isinya lengkap banget. Ada ikan bakar, udang bakar, kerang bakar, cumi bakar plus tambahan plecing kangkung. Yang bikin tambah puas lagi adalah, rasanya enak bangeeet apalagi kalau ditambah sama sambel matahnya. Enaaaaak sekaleeee. Favoritku dari semua seafood platter ini adalah udangnya nyam nyammm...

Super love the seafood platter and its sambal matah!
Perut kenyang, kami pun bersiap menuju hotel untuk istirahat. Tapi di perjalanan menuju hotel langsung sedih karena besok adalah hari terakhir di Lombok, jadi besok kami akan meninggalkan Lombok dan pulang ke Jakarta. Ga kerasa yah udah selesai aja liburannya, tapi super seneng karena udah lama banget ga refreshing liburan kayak gini, semuanya dibayarin kantor lagi hihi. Super puas juga sama hari ini, jalan-jalan ke Gili Trawangan seharian dan ditutup dengan makan malam enak dengan view bagus di Menega Senggigi. Semoga nanti ada rezeki untuk ke Lombok lagi, buat mengunjungi Gili-Gili lainnya yang trip kali ini ga sempat buat didatengin. Adios, Lombok!