Jumat, 08 Mei 2015

South Korea here I come! (Day 1 Part 1)

Maafkaaaan baru update postingan tentang  Korea Trip (yang notabene nya terjadi udah tiga bulan lalu :D) maklum lah nulis blog ini kalau ga ada kerjaan di kantor dan kalau mood lagi ngumpul, ditambah di sela-sela kesibukan ngurusin hari H hihi.

So, gw dan Mira berangkat dari Jakarta tanggal 8 Mei, tepatnya jam 6 sore, transit di KL dulu menggunakan Malaysia Airlines. Berangkat naik taksi dari rumah kita berdua, perasaan udah deg degan dan ga sabar, it feels soooo surreal to me. I.Am.Going.To.Korea.With.My.BFF. Yahoo!

Our happy faces!
Di pesawat dari Jakarta tujuan KL ini, kami barengan sama rombongan turis Malaysia yang abis liburan ke Jakarta dan Bandung, lengkap sama jinjingan berplastik-plastik Kartika Sari :)) Diajak ngobrol lah gw sama penumpang yang duduk di sebelah gw. Bapak-bapak Chinese, awalnya nanyain gw mau sekolah ya ke Malaysia? Terus gw jawab cuma transit, tujuan gw sebenernya liburan ke Seoul. Eeeeh si bapak itu pun kepo, malah nanya-nanya gaji gw berapa sampe bisa liburan ke Seoul :)) Terus akhirnya dia pun cerita, kemarin pas ke Bandung diceritain sama tour guide nya kalau gaji mereka aja bisa 8 jeti sendirii, bukan kerja kantoran lho. Terus gw mesem-mesem aja dengerin cerita si bapak ini. Ditambah bapak ini nampaknya abis belanja abis-abisan di FO di Bandung hihi, typical turis Malaysia yang ke Bandung sih pasti belanjanya ke FO. Kalau buat kita mah udah lewat masanya kali yaaa.

Sementara gw asik diinterogasi sama bapak-bapak kepo itu, eeeh gw liat si Mira (yang duduknya emang misah sama gw karena ga bisa milih seat) lagi asik ngobrol sama cowo Malaysia yang juga ada di rombongan turis-turis ini. Ujung-ujungnya tukeran ID Line segala lagi ahahaha. Hello, Quinsy! :p
Our early dinner on board
We arrived in KLIA around 9 something PM. Langsung ngacir pipis, konek ke Wi-Fi, buka semua socmed, kabarin orang rumah dan pacar, posting-posting sombong (ahahhaa maap!), gitu terus sampe waktunya masuk ke gate yang dituju. Tangan makin dingin karena AC yang super dingin dan ga sabar menuju Seoul hihi.

Seoul bond go go go!
Penerbangan KL-Incheon kurang lebih ditempuh selama 6 jam. Dari tidur, nonton film sampe ketiduran, bangun, ga bisa tidur karena pegel, dengerin lagu sampe ketiduran, sampe kira-kira jam 5 pagi dibagiin makanan. Bayangin dong belum jam nya makan udah dikasih makanan so I dont feel like having it akhirnya bungkusin minuman dan yoghurt ke dalam tas (siap-siap mau ngegembel di Seoul nanti soalnya).

What is thaaaat :))

Lalu dari kejauhan kulihat secercah sinar. Kyaaaa my first sunrise in Korea! (iyak ini lebay banget) tapi akhirnya semakin sadar kalau mimpiku ini terwujud dan Korea bener-bener udah di depan mata haha. Langsung deh cuci muka ke kamar mandi, pake pake bedak sama lipstik dikit biar ga kucel banget pas mendarat nanti hihi.

Hello, Incheon!
We officially landed in Incheon International Airport at 7 AM Incheon time! Alhamdulillaaaaah, kalau ga takut dianggep musyrik mungkin gw udah sujud syukur di sini hihi.

Arrived safely in Incheon. First selfieee!
Nunggu kereta ke main terminal buat ambil bagasi. Antriannya rapi ya! ga kayak dimana gitu :D

Beres ambil bagasi, kami langsung ke counter Wi-Fi Egg, atau Wi-Fi portable yang bisa kita sewa selama berada di Korea. Menurut gw pribadi, dengan adanya Wi-Fi Egg ini, Korea bener-bener memanjakan turis dan wisatawannya yang ga bisa lepas dari koneksi internet, selain untuk tetap berkomunikasi sama keluarga, tentunya buat posting posting sombong dong (ngaku deh itu gw!) Wi-Fi Egg ini bisa digunakan oleh 4-5 devices sekaligus. Jadi kita ga perlu deh ribet-ribet beli sim card, dan pastinya cocok buat turis dengan budget rame-rame, karena bisa share alias patungan sama temen seperjalanan. Mirra yang udah berpengalaman sebelumnya, udah booking si Wi-Fi Egg ini secara online. Jadi pas kita dateng ke counternya, tinggal ambil nomor antri, kasihin bukti bookingan, dan nyerahin CC buat deposit sementara si Wi-Fi Egg ini.

Setelah urusan Wi-Fi Egg selesai, kami langsung ngikutin petunjuk untuk naik AREX, atau Airport Expressnya Incheon, kereta cepat yang bisa membawa kita langsung ke pusat kota. Sebelumnya, kami sempat kebingungan nyari loket buat beli Seoul Pass nya, atau kartu semacam Octopus nya HK, yang bisa digunain buat naik kereta, subway, bis, atau belanja di convenience store. Akhirnya setelah muter-muter, ketemu deh convenience store yang jual si Seoul Pass ini. Abis beli kartunya, ga lupa isi kreditnya di mesin terdekat, buat jaga-jaga kami isi 10.000 won waktu itu. Kalau ga salah, harga tiket dari Incheon Airport ke Hongdae Station sekitar 4000 won, itu untuk kereta AREX yang berhenti di setiap stasiun ya, karena kalau yang cuma berhenti di beberapa stasiun aja harga tiketnya bisa dua kali lipat.

Begitu masuk AREX, langsung ketemu pacarku :">

Kim Soo Hyun part 1, Kim Soo Hyun is everywheeeeere
Berhubung di hari pertama ini kami akan nginep di hotel yang terletak di daerah Gangnam, akhirnya setelah kami turun dari AREX di Hongdae Station, kami langsung melanjutkan perjalanan melalui subway ke Samseong Station, daerah Gangnam. Seret-seret koper berjamaah pun dimulai sodara-sodara!
Suasana di dalam Subway Korea
BoA!
Kami turun di Samseong Station, yang ternyata terletak langsung di depan Coex Mall. Hotel kami yaitu Intercontinental Seoul Coex terletak di balik mall ini, tapi jangan ditanya jauhnya kami harus berjalan huhu. Jadi, kami harus ngelewatin jalanan panjang di dalem mall itu yang isinya udah pasti toko-toko branded dengan kondisi seret-seret koper dan belum mandi dan jetlag hari itu.  Kaki udah mau teriak rasanya, eh pas nyampe ke hotelnya, kami belum bisa check in karena masih sekitar jam 11 siang, sementara early check in baru bisa pukul 1an. Akhirnya kami ninggalin koper di lobby, dan bersiap cari makan karena laper mamaaak dorong-dorong koper dan jalan jauh.

Kami sempat berusaha cari restoran di luar Coex mall, beranggapan bahwa makan di restoran di dalam mall sama aja bunuh diri karena harganya yang pasti mahal dong, but we have no luck at all.  Jadiii, Gangnam area ini kan tempatnya kaum elit Korea, so pasti isinya hotel-hotel, perkantoran dan restoran elit. Mau cari convenience store di sebrang hotel? ya tentulah mana adaaa, makanya jangan sesombongan nginep di hotel mahal begini ahahaha. Untungnya, cuaca Seoul hari itu sekitar 12-13 derajat celcius, sunny yet so chilly! Sukak, deh! Akhirnya setelah jalan ngiterin hotel dan mall dan ga nemu apa-apa alias cuma bikin kaki nambah pegel, perut nambah laper dan tenggorokan makin aus (diselingi minum mineral water yg diambil dari makanan di pesawat tadi, minumnya segelas berdua lagi diliatin orang-orang di depan Coex mall ahaha) kami memutuskan, yasudahlah pasrah makan di dalem mall (sambil bisik bisik eh liat harganya dulu, eh makannya share aja ya)

Restoran Jepang di satu sudut Coex Mall.
Pesennya dikit amat cyiin, sharing ya?! hihi
Sambil liatin satu-satu restoran beserta daftar harga menu nya dari luar dan terus menimbang-nimbang, pilihan makan siang kami jatuh kepadaaaa.... restoran jepang, miris yaaa makanan yang pertama kali dimakan di Korea kok makanan Jepang ahahaha dan kami pun lupa apa nama restoran ini. Kami pun memutuskan untuk sharing makanan dikarenakan harga per porsi makananannya yang cukup aduhai sambil meyakinkan diri kalau kami ga laper-laper amat kok hihi mirisss. Mirra pesen chicken with rice something, sementara gw milih karaage buat dicemal-cemil, cari aman juga soalnya kan menu lainnya ada porknya. Mungkin pelayan dan tamu resto lainnya kebingungan kali ya kenapa kami cuma pesen itu doang, tapi untungnya minuman di resto ini (dan resto-resto di Korea lainnya) itu hratesss dan bisa direfill woohoo! Etapi ternyata porsi si chicken with rice ini lumayan banyak lho, ujung-ujungnya kami malah bersyukur cuma mesen itu aja, kenyang juga kok cyin! Total kerusakan kami siang itu sekitar 13000 won, gausah dikonversi ke Rupiah yaa bikin sedih hihi.

Lotte Duty Free Wish Wall yang penuh sama Super Junior dan Exo
Ada Suju, EXO, 2PM, dan hallyu stars lainnya
Selesai makan, kami langsung memutuskan buat balik ke lobby hotel siapa tau kamar kami sudah siap. Di sela sela perjalanan ke lobby hotel, kami ngelewatin Lotte Duty Free lengkap sama foto-foto boyband group macam Suju, EXO, 2PM, pokoknya Mirra seneng deh sambil motoin mereka di eskalator hihi. Yak, lobby hotel kami letaknya tinggal naik dari eskalator ituu, jadi sampai besoknya tiap kami mau keluar dari hotel, kami pasti ngelewatin Lotte Duty Free ini, sampe hafal jingle iklan yang dinyanyiin sama Park Shin Hye dan cowo-cowo hallyu stars ini hihi.

Finallyyyy our room (just for one night)
View from our room; Gangnam area!
Akhirnyaaaa sampai juga di kamar kami (yang cuma semalem ini hihi), nyampe kamar rasanya seneng banget tiduran di kasur empuk, selonjoran, nge-charge handphone dan Wi-Fi Egg, rasanya gak mau mandi dan siap-siap jalan lagi. Kaki pun udah mulai mretek, tapi masa udah sampe di Korea cuma di kamar azaaa kan sayang banget. Akhirnya kami pun beres-beres, mandi sambil ngerendem kaki di bath tub, sambil matengin rencana sore itu kita mau kemana. The hints; Our Kpop Trips in Kpop Land Gangnam Area will be soon started! Please stay tuned to my next posts yaaa!